dc.contributor.author | Suryati, Nanik | |
dc.contributor.author | Salehudin, Mohammad | |
dc.date.accessioned | 2021-12-30T13:08:02Z | |
dc.date.available | 2021-12-30T13:08:02Z | |
dc.date.issued | 2021-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/997 | |
dc.description.abstract | Kecerdasan spiritual dan emosional siswa terkadang kurang tumbuh dengan baik dan dapat menghambat
perkembangan berbagai aspek pada diri siswa itu sendiri. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui mengenai
program bimbingan dan konseling untuk mengembangkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan (library research) untuk
menjawab pertanyaan penelitian. Berbagai perilaku menyimpang yang dilakukan siswa baik membolos,
menyontek, bullying, tawuran dan lainnya dapat berpengaruh terhadap situasi belajarnya. Situasi belajar yang
buruk dalam diri siswa dipengaruhi dari dari dalam dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya. Karena itu,
kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional dalam dunia pendidikan sekolah perlu lebih ditingkatkan dan
diperhatikan agar meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan baik yang telah maupun yang belum terjadi.
Namun, hal tersebut masih bisa diperbaiki dan diwujudkan dalam program bimbingan dan konseling sebagai
wadah untuk membangun kecerdasan siswa di sekolah terkhusus kecerdasan spiritual dan kecerdasan
emosional. Kedua kecerdasan tersebut mempunyai peranan yang sangat penting terhadap karakter, norma norma, nilai dan perilaku siswa di sekolah | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, Siswa, - FIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai | en_US |
dc.subject | Program Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Siswa | en_US |
dc.title | Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa | en_US |
dc.type | Article | en_US |