dc.contributor.author | Salehudin, Mohammad | |
dc.date.accessioned | 2021-12-30T13:12:24Z | |
dc.date.available | 2021-12-30T13:12:24Z | |
dc.date.issued | 2020-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/999 | |
dc.description.abstract | Abstrak: Bermain dan menonton media social youtube adalah aktivitas yang paling populer
dilakukan oleh anak usia dini. Namun penggunaan media social youtube tanpa keteladanan,
bimbingan dan fasilitas yang tepat di rumah akan berdampak pada perkembangan anak.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fasilitas di rumah terhadap literasi digital
media sosial anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan
angket untuk mengumpulkan data yang dianalisis dengan menggunakan uji korelasi kendal’s.
Subjek penelitian berjumlah 71 orangtua anak usia 4-6 tahun yang menggunakan media sosial
youtube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 0,028 <0,05 adalah signifikan hubungan antara
fasilitas dengan literasi digital media sosial youtube anak atau dengan kata lain ada hubungan
antara variabel. Arah hubungan dilihat dari angka koofesien korelasi hasilnya bernilai positif
dengan 0,228 disebut memiliki hubungan positif atau searah yang bermakna bahwa jika
fasilitas (Alat dan Rumah) semakin nyaman (memadai/memuaskan) maka literasi digital
media sosial anak semakin baik dan meningkat. Di dukung dengan bimbingan yang terarah
dan terukur oleh orang tua dan keluarga di rumah. | en_US |
dc.publisher | Jurnal Ilmiah Potensia - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu | en_US |
dc.subject | literasi digital; media sosial youtube; fasilitas (alat&rumah); anak usia dini | en_US |
dc.title | Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini | en_US |
dc.type | Article | en_US |