View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Sosial di MTs Al-Muna Samarinda

Thumbnail
View/Open
Nur Halimah.docx (14.69Kb)
Date
2020-04-10
Author
Halimah, Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nur Halimah, 2020, “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Sosial di MTs Al-Muna Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Jurusan Pendidikan Islam Institut Agama Islam negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Siti julaiha, S.Ag, M.Pd selaku Pembimbing I, ImrohAtul Musfiroh, M.Pd.I selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti ada di MTs Al-Muna Samarinda dalam perilaku sosialnya terkhusus terhadap guru - guru ada yang terlihat kurang baik terutama dalam sopan santun, menghargai terhadap guru maupun sesama temannya. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama termasuk lingkungan keluarga. Peran sekolah juga tidak lepas dalam arti lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga harus bekerja sama dalam proses terbentuknya perilaku yang baik. Dari permasalahan tesrsebut maka peneliti berminat menulis dalam karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul “Pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al-Muna-Samarinda”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al-Muna Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebanyak 84 siswa. Adapun sampel yang diambil adalah sampling total sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya yaitu menggunakan teknik analisis product momen dan uji t (hipotesis), Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan perhitungan di atas dapat di ketahui thitung sebesar 4,890 maka diketahui taraf signifikan sebesar 5% dengan nilai ttabel 4,314 maka diperoleh hasil thitung > ttabel (4,890 > 4,314) yang artinya H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al-Muna Samarinda dengan kategori sedang.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1085
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [966]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV