Show simple item record

dc.contributor.authorHalimah, Nur
dc.date.accessioned2022-01-25T06:48:38Z
dc.date.available2022-01-25T06:48:38Z
dc.date.issued2020-04-10
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1085
dc.description.abstractABSTRAK Nur Halimah, 2020, “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Sosial di MTs Al-Muna Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Jurusan Pendidikan Islam Institut Agama Islam negeri (IAIN) Samarinda. Penulisan Skripsi ini dibawah bimbingan Siti julaiha, S.Ag, M.Pd selaku Pembimbing I, ImrohAtul Musfiroh, M.Pd.I selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti ada di MTs Al-Muna Samarinda dalam perilaku sosialnya terkhusus terhadap guru - guru ada yang terlihat kurang baik terutama dalam sopan santun, menghargai terhadap guru maupun sesama temannya. Hal ini menjadi tanggung jawab bersama termasuk lingkungan keluarga. Peran sekolah juga tidak lepas dalam arti lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga harus bekerja sama dalam proses terbentuknya perilaku yang baik. Dari permasalahan tesrsebut maka peneliti berminat menulis dalam karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi dengan judul “Pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al-Muna-Samarinda”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al-Muna Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas sebanyak 84 siswa. Adapun sampel yang diambil adalah sampling total sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisisnya yaitu menggunakan teknik analisis product momen dan uji t (hipotesis), Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan perhitungan di atas dapat di ketahui thitung sebesar 4,890 maka diketahui taraf signifikan sebesar 5% dengan nilai ttabel 4,314 maka diperoleh hasil thitung > ttabel (4,890 > 4,314) yang artinya H0 ditolak dan Hα diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap perilaku sosial siswa di MTs Al-Muna Samarinda dengan kategori sedang.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPengaruh Lingkungan Sekolah, Perilaku Sosialen_US
dc.titlePengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Perilaku Sosial di MTs Al-Muna Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record