dc.description.abstract | ABSTRAK
Nurmila, 2021. “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah (Studi Pada Generasi Milenial Kota Samarinda). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan H. Yusran, M.Ag.
Berdasarkan hasil wawancara dengan pegawai bank syariah di Samarinda, bahwa nasabah bank syariah di Samarinda ada 30% generasi milenial dan 70% bukan generasi milenial. Keputusan menabung di bank syariah di pengaruhi oleh banyak faktor, antara lain faktor literasi keuangan, religiusitas, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan generasi milenial Kota Samarinda menabung di bank syariah.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 100 responden generasi milenial Kota Samarinda. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner secara online kepada responden yang memenuhi kualifikasi generasi milenial Kota Samarinda. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan alat bantu software statistik yaitu SPSS versi 22. Analisis yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pengukuran validitas, reliabilitas, dan pemenuhan asumsi klasik.
Berdasarkan hasil perhitungan uji parsial, literasi keuangan syariah secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung. Kedua, religiusitas secara parsial tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah. Ketiga, secara parsial kualitas pelayanan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah. Dan Keempat, secara simultan variabel literasi keuangan syariah, religiusitas, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menabung di bank syariah.
Kata Kunci: Literasi Keuangan Syariah, Religiuitas, Kualitas Pelayanan, dan Keputusan menabung. | en_US |