Show simple item record

dc.contributor.authorPriyani, Eka
dc.date.accessioned2024-02-06T07:01:48Z
dc.date.available2024-02-06T07:01:48Z
dc.date.issued2021-06-14
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1099
dc.description.abstractABSTRAK Eka Priyani NIM 1731811080 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Prodi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Judul Skripsi “Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus BPRS Manfaat Cab Balikpapan”. Di bawah bimbingan: Bapak Muhammad Iswadi, MSI, selaku pembimbing I, dan bersama Bapak H. Yusran, M.Ag. Selaku pembimbing II. Latar belakang masalah ini adalah. Suatu Bank bisa dikatakan berhasil apabila Bank tersebut memiliki strategi komunikasi yang baik, sehingga Bank syariah diharuskan mempunyai strategi komunikasi pemasaran dalam memasarkan produknya, Pemasaran dalam Islam adalah aktivitas yang dilandasi saling ridha antara penjual dan pembeli, etika dalam pemasaran mencakup, yaitu: etika pemasaran dalam konteks produk , yang pertama a) produk yang halal dan tayyib: b) produk yang berguna dan dibutuhkan: c) produk yang berpotensi ekonomi atau benefit: d) produk yang bernilai tambah tinggi: e) dalam jumlah yang berskala ekonomi dan sosisal: dan F) produk yang dapat memuaskan masyrakat. Tujuan penyampaian pesan pada komunikasi pemasaran adalah agar memberikan informasi mengenai produk yang ingin di tawarkan, penyampaian pesan informasi tersebut guna merubah pengetahuan dan referensi publik terhadap produk dan perusahaan. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran produk dalam meningkatkan jumlah nasabah di PT. BPRS Manfaat Cab Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, sehingga penulis langsung terjun kepada objek penelitian untuk melakukan wawancara kepada pihak BPRS Manfaat Cab Balikpapan, observasi dan pengumpulan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Teknik ini diaplikasikan kedalam penelitian dengan menjelaskan data-data yang terkumpul guna mendapatkan jawaban terhadap rumusan masalah, kemudian hasil akan dipaparkan secara deskriptif, penelitian ini untuk mengetahui Startegi Komunikasi Pemasaran Produk apa yang digunakan BPRS Manfaat dalam meningkatkan jumlah nasabahnya. Berdasarkan hasil penelitian di BPRS Manfaat Cabang Balikpapan dan pembahasan yang telah di uraikan, maka dapat di ambil kesimpulan BPRS Manfaat Cabang Balikpapan menerapkan 5 strategi yaitu : periklanan, penjualan perorangan, hubungan masyarakat, promosi penjualan, dan pemasaran langsung. Saat ini 5 strategi komunikasi pemasaran yang di terapkan BPRS Manfaat Cab Balikpapan belum semuanya bisa meningkatkan jumlah nasabah, karena masing-masing strategi memiliki kendala dan hambatan dalam mempromosikan produknya. Dan Dari 5 strategi tersebut yang memberi dampak positif untuk meningkatkan jumlah nasabah di BPRS Manfaat adalah pemasaran langsung/direct marketin.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKomunikasi, Pemasaran Produk,Meningkatkan Jumlah Nasabahen_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Produk Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Kasus BPRS Manfaat Cab Balikpapan)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record