Show simple item record

dc.contributor.authorWidiyana, Ayu
dc.date.accessioned2022-01-27T00:50:36Z
dc.date.available2022-01-27T00:50:36Z
dc.date.issued2021-10-28
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1113
dc.description.abstractABSTRAK Ayu Widiyana, 2021. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan M-Banking Bank Syariah Pada Generasi Millenial di Kota Samarinda. Skripsi, prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing olah Ibu Hj. Norvadewi, M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak H. Yusran, M.Ag selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini menjelaskan bahwa sektor bisnis potensial yang layak dipertimbangkan oleh perbankan dalam meningkatkan jumlah nasabah yang memanfaatkan m-banking adalah generasi millenial, seperti yang di sampaikan oleh studi APJII bahwa lebih dari separuh pengguna internet di Indonesia adalah mereka yang rentang usianya termasuk usia millenial. Dengan begitu banyaknya pengguna layanan m-banking bank syariah maka penting untuk mengkaji faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan dalam penggunaan teknologi ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis data primer yang diambil melalui kusioner. Dalam penelitian ini dibutuhkan 100 orang responden untuk memenuhi sampel. Variabel dependen yang digunakan yaitu keputusan penggunaan dan variabel independen yaitu, persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi keamanan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi kemudahan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan mobile banking yang dibuktikan bahwa nilai signifikan sebesar 0,021 standar untuk nilai sig adalah 0,05 sehingga 0,021 < 0,05 dan nilai t hitung 2,341 > t tabel 1,984. Persepsi risiko secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan mobile banking hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,071 sehingga 0,071 > 0,05 dan nilai t hitung 1,825 < t tabel1,984. Persepsi keamanan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan penggunaan mobile banking hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,009 sehingga 0,009 < 0,05 dan nilai t hitung 2,649 > t tabel1,984. Sedangkan persepsi kemudahan, persepsi risiko dan persepsi keamanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan mobile banking dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 25,611 > F tabel 2,70 . Kata Kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Persepsi Keamanan, Generasi Millenial, Bank Syariahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPersepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, Persepsi Keamanan, Generasi Millenial, Bank Syariahen_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Penggunaan M-Banking Bank Syariah Pada Generasi Millenial di Kota Samarinda. Skripsi, prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record