Show simple item record

dc.contributor.authorMufidah, Ismi
dc.date.accessioned2022-01-27T05:30:55Z
dc.date.available2022-01-27T05:30:55Z
dc.date.issued2021-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1131
dc.description.abstractABSTRAK Ismi Mufidah, 2021. “Strategi Pemasaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada BRI Syariah KCP Ahmad Yani Samarinda. Skripsi Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Darmawati, M. Hum dan Ibu Widya Noviana Noor, M.Pd. Latar belakang penelitian ini didasari oleh adanya produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ada pada BRI Syariah merupakan salah satu produk yang memberikan pinjaman kepada nasabah untuk modal usaha, investasi dan lain sebagainya dalam mendukung sektor bidang usaha. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana langkah dalam strategi pemasaran produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan untuk mengetahui prosedur pemberian produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Syariah KCP Ahmad Yani Samarinda. Pada penyusunan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode survei atau eksperimen. Sumber data yang diperoleh dari data primer untuk mendapatkan informasi dalam kegiatan pemasaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari bagian Unit Head selaku responden dalam wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari instansi untuk memperkuat penemuan serta melengkapi informasi yang telah dikumpulkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam memasarkan produk Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Syariah KCP Ahmad Yani Samarinda menerapkan langkah langkah strategi pemasaran dengan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang terdiri dari 7P: Product, menampilkan simulasi angsuran pembiayaan dari produk KUR. Price, menampilkan nominal plafond pembiayaan dan jangka waktu (bulan) dari KUR Mikro dan KUR Kecil dengan ketentuan margin 6% pertahun. Place, mencantumkan alamat pada brosur dengan lengkap serta nomor petugas maketing yang bisa dihubungi. Promotions, membagikan kepada nasabah brosur produk KUR dengan cara mendatangi pasar-pasar dan mempromosikan brosur melalui media sosial. People, masing-masing pegawai memiliki kemampuan dan keterampilan pekerjaan dalam memberikan pelayanan kepada nasabah serta menanyakan tujuan dan keinginan nasabah agar bisa segera dibantu oleh petugas bank. Physical evidance, tersedianya fasilitas kendaraan seperti kendaraan roda dua maupun roda empat serta interior dan tata letak ruangan yang menarik. Process, pemberian pembiayaan KUR dilakukan perjanjian diawal pembiayaan sebagai pengikat akad antara nasabah dan bank berlaku sampai pembiayaan berakhir. Sedangkan dalam prosedur pemberian Kredit Usaha Rakyat (KUR) dilakukan dalam beberapa tahap pembiayaan, yaitu pertama tahap permohonan pembiayaan, kedua tahap penyidikan dan analisis pembiayaan, ketiga tahap keputusan pembiayaan, keempat tahap pencairan pembiayaan, dan kelima tahap pelunasan pembiayaan. Kata Kunci: Kredit Usaha Rakyat (KUR), Strategi Pemasaranen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKata Kunci: Kredit Usaha Rakyat (KUR), Strategi Pemasaranen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada BRI Syariah KCP Ahmad Yani Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record