View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Syariah
  • E-Skripsi - Hukum Ekonomi Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Syariah
  • E-Skripsi - Hukum Ekonomi Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kesadaran Hukum Penjual Kosmetik di Kota Samarinda Terhadap Produk Kosmetik Bersertifikasi Halal

Thumbnail
View/Open
Nur Rifqi Asshiddiqi.docx (13.76Kb)
Date
2021-06-16
Author
Asshiddiqi, Nur Rifqi
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Nur Rifqi Asshiddiqi, 2021. “Kesadaran Hukum Penjual Kosmetik di Kota Samarinda Terhadap Produk Kosmetik Bersertifikasi Halal”. Skripsi Jurusan Muamalah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Pembimbing I Ibu Dr. Lilik Andaryuni, S.H.I., M.S.I dan Pembimbing II Bapak Abd Syakur, Lc., M.H. Teknologi dan pengetahuan manusia di bidang kosmetik berkembang semakin canggih. Perkembangan teknologi bidang kosmetik tersebut juga berdampak pada kepercayaan konsumen, khususnya yang beragama Islam, dimana penentu halal atau haramnya beraneka ragam kosmetik yang sulit di tentukan. Untuk itu dibutuhkan kesadaran hukum atau ketaatan hukum dalam menjalankan peraturan yang telas dibuat. Tidak mungkin seseorang dapat patuh terhadap hukum, jika ia tidak memahami hukum. Selain itu, kesanggupan untuk memahami hukum secara logis akan diikuti oleh kemampuan untuk menilainya, terlepas dari adil atau tidaknya hukum tersebut. Penelitian ini membahas tentang kesadaran hukum penjual kosmetik di Kota Samarinda terhadap produk kosmetik bersertifikasi halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran hukum penjual kosmetik terhadap produk kometik bersertifikasi halal serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum penjual kosmetik di Kota Samarinda terhadap produk kosmetik bersertifikasi halal. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan dengan menggunakan pendekatan sosiologi terhadap kesadaran hukum penjual kosmetik di Kota Samarinda terhadap produk kosmetik bersertifikasi halal. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan dokumen. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa : (1) kesadaran hukum penjual kosmetik di Kota Samarinda terhadap produk kosmetik bersertifikasi halal cukup tinggi berdasarkan indikator-indikator kesadaran hukum, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum ada dua yaitu faktor pendidikan dan faktor pengetahuan. Perlunya pengetahuan dan pemahaman juga mempengaruhi masyarakat akan sadar pentingnya sebuah pengetahuan tentang sertifikasi halal. Sehingga penegak hukum dan pembuat hukum juga perlu lebih tegas dalam menjalankan tugasnya. Sekiranya lebih dioptimalkan lagi sosialisasi MUI dalam meningkatkan kesadaran hukum para penjual dibidang kosmetik.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1191
Collections
  • E-Skripsi - Hukum Ekonomi Syariah [126]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV