Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Lokasi, Produk, dan Promosi Terhadap Preferensi Menabung Generasi Milenial di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI Samarinda)”.
Abstract
ABSTRAK
Anita Anwari, 2021. “Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Lokasi, Produk, dan Promosi Terhadap Preferensi Menabung Generasi Milenial di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI Samarinda)”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI Samarinda). Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum dan Fitria Rahmah, SEI., MA.
Penelitian ini dilatar belakangi dengan banyaknya jumlah generasi milenial di Indonesia saat ini yang dimana generasi milenial menjadi salah satu target besar bagi bank syariah, hal ini dikarenakan generasi milenial dapat dikatakan sebagai generasi yang memiliki potensi yang cukup kuat dalam aktivitas menabung (menghimpun dana) dan sekiranya dari hal inilah yang menjadikan generasi milenial sebagai salah satu peluang besar bagi bank syariah dalam menggunakan jasa pada bank syariah itu sendiri. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Religiusitas, Pengetahuan, Lokasi, Produk, dan Promosi terhadap Preferensi Menabung Generasi Milenial di Bank syariah.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sedangkan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang dimana teknik penentuan sampel ini berdasarkan pertimbangan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiwa UINSI Samarinda yang berjumlah 5.854 dan sampel para generasi milenial UINSI Samarinda yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 98 responden. Serta alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS 22.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan, lokasi, dan promosi berpengaruh positif terhadap preferensi menabung generasi milenial di bank syariah. Sedangkan pada variabel religiusitas dan produk menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi menabung generasi milenial di bank syariah. Dan secara simultan menunjukkan bahwa variabel religiusitas, pengetahuan, lokasi, produk, dan promosi berpengaruh secara Bersama-sama terhadap preferensi menabung di bank syariah.
Kata Kunci: Religiusitas, Pengetahuan, Lokasi, Produk, Promosi, dan Preferensi