Strategi Humas Pemanfaatan Media Baru Oleh Humas Dalam Meningkatkan Citra IAIN Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ari Dwi Adhitya, 2021 Strategi Humas Pemanfaatan Media Baru Oleh Humas Dalam Meningkatkan Citra IAIN Samarinda. Skripsi jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Ida Suryani Wijaya, M.Si dan Amirullah, M.Ud.
Peneliti membahas Humas IAIN Samarinda dalam strategi memanfaatkan media baru dalam mendukung kinerja humas dalam menjalankan tugas humas yaitu menjaga dan meningkatkan citra yang baik dimasyarakat dengan pemberitaan IAIN Samarinda, dengan pemanfaatan media sosial dan media lokal dalam membantu mengembangkan citra yang baik bagi IAIN Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah unuk mengetahui strategi pemanfaatan media baru oleh humas dalam meningkatkan citra IAIN Samarinda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, artinya penulis menggambarkan dan mendapatkan penjelasan dengan cara memberikan beberapa uraian dan penafsiran dengan melakukan wawancara kepada staff Humas IAIN Samarinda. Melalui teknik observasi, peneliti mendatangi secara langsung lokasi penelitian dan melakukan dokumentasi untuk menunjang data penelitian dan aancara mendalam untuk mendapatkan informasi mendalam dari strategi komunikasi humas yang dijalankan.
Hasil yang diperoleh dari peneltian ini adalah IAIN Samarinda merupakan strategi peningkatan citra dengan pemanfaatan media sosial, pemberitaan kegiatan mahasisa dan dosen, penyampaian inormasi bagi mahasisa dan masyarakat. Dengan demikian jangkauan pemberitaan IAIN Samarinda akan menjadi lebih luas dan dikenal oleh masyarakat. Berikut pemanfaatan media sosial yang digunakan adalah Facebook, Titter, Instagram, YouTube, Website, dan media lain seperti Radio, Televisi dan majalah.