Show simple item record

dc.contributor.authorNirwana, Gusti Puspita
dc.date.accessioned2020-03-13T07:04:35Z
dc.date.available2020-03-13T07:04:35Z
dc.date.issued2018-09-07
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/138
dc.description.abstractGusti Puspita Nirwana, 2018. pengaruh aturan berbahasa kesehariharian dengan Kemampuan Berbicara Mereka di Kelas XI di Pondok Modern Ibadurrahman Teluk Dalam L3 Blok C Tenggarong Seberang pada Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Bahrani, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Mohamad Muklis, M.Hum sebagai pembimbing II. Kemampuan berbicara adalah bagian penting di dalam kelas bahasa Inggris. Berbicara dianggap sebagai salah satu keterampilan bahasa yang sulit untuk dikuasai. Hal itu cukup beralasan, karena kemampuan berbicara terdiri dari pengucapan, tata bahasa, kosa kata, kelancaran, dan pemahaman. Keberhasilan siswa dalam berbicara bahasa Inggris dapat dipengaruhi oleh aturan dalam keseharian. Ketika siswa mengikuti aturan yang berlaku padanya, itu akan membantu ia meninggikan kualitas dalam kehidupannya termasuk salah satunya dalam berbahasa asing yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan apakah ada pengaruh antara aturan keseharian dalam berbicara dengan kemampuan mereka berbicara di kelas XI di Pondok Modern Ibadurrahman, Teluk Dalam L3 Blok C Tenggarong Seberang pada tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan dalam bentuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di kelas XI di Pondok Modern Ibadurrahman Teluk Dalam L3 Blok C Tenggarong Seberang pada tahun ajaran 2018/2019. Populasi dari siswa terdapat 25 respondent (Siswa dominannya adalah perempuan) yang dipilih sebagai sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Terdapat dua instrumen dalam pengumpulan data; instrumen pertama adalah kuisioner yang digunakan untuk mengukur aturan yang ada di dalam pondok dan instrumen kedua adalah tes yang digunakan mengukur kemampuan berbicara siswa. Peneliti kemudian menganalisis hubungan antara aturan dalam berbasa keseharian mereka dengan menggunakan symbol (variabel X) dan kemampuan berbicara siswa dengan menggunkan symbol (variabel Y). Untuk menghitungnya dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dan dilanjutkan dengan uji t (t-test) dengan signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan korelasi Product Moment adalah negatif sehingga hipotesisnya dibalik. Nilai dari 𝑟𝑥𝑦 = -0.087, nilai ini lebih kecil dari harga 𝑟𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada signifikansi 5% (𝑟𝑥𝑦 = -0.087 < 𝑟𝑡 (5%) = -0.413). Selanjutnya, berdasarkan uji t diperoleh nilai t adalah -0.413, dan nilai ini lebih kecil dari harga t tabel yaitu t = -0.413 < ttable (5%),(23) = 2.068). Hal tersebut berarti bahwa Ho diterima, maka Ha ditolak. Disamping itu, dari hasil uji hipotesis statistik dan uji t (t-test) menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara aturan berbahasa xi dalam keseharian dan kemampuan membaca bahasa Inggris mereka di kelas XI di Pondok Modern Ibadurrahman Teluk Dalam L3 Blok C Tenggarong Seberang pada tahun ajaran 2018/2019. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa dengan aturan yang sangat ketat dapat mempengaruhi kepribadian diri dan bukan pada kemampuan siswa dalam berbicaraen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectBAHASA INGGRISen_US
dc.titleThe Influence of Students in Daily Speaking Rules Towards Speaking Ability (At the Eleventh Grade of Islamic Boarding School Ibadurrahman Teluk Dalam L3 Blok C Tenggarong Seberang) in Academic Year 2018/2019en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record