View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PeningkatanKecerdasan Interpersonal Melalui Sentra BermainBalok Di Kelompok B PaudTaam Al Jihad Al AwwaluSamarindaSeberang

Thumbnail
View/Open
meldawati.docx (14.63Kb)
Date
2019-09-12
Author
Meldawaty, Meldawaty
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Meldawaty, 2019, “PeningkatanKecerdasan Interpersonal Melalui Sentra BermainBalok Di Kelompok B PaudTaam Al Jihad Al AwwaluSamarindaSeberang”.Skripsi programStudiPendidikan Islam AnakUsiaDini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Madrasah,FakultasTarbiyah Dan IlmuKeguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. KhairulSaleh, M.Ag, sebagaiPembimbing I danSitiNorAsiah, M.Pd. sebagai Pembimbing II. Penelitianini di latarbelakangiperkembangananakmelaluiaspekpemahamannilai-nilai agama dan moral, fisik, kognitif, bahasadansosial-emosional.TerutamapadapermainansentraBalok yang manasentratersebutmerupakansuatuwadahsebagai media. Hal inidilakukan agar anaktidakhanyamengetahuihasilnyasajatetapijuga yang dapat untuk membangun pengetahuan dan daya kreatif anak, memahamidanmendapatkanpengalamansecaralangsungdalammencapaisuatutujuankarenaanakdapatmenuangkan ide, kreatifitasdanimajinasinyadalambentukgambaratau main pembangunan, dengankonsep-konsep yang mudahdipahamisecaranyata. Tujuan penelitain untukmengetahuipeningkatankecerdasan interpersonal anakmelaluipermainanbalokdenganmenggunakanperagaanlangsung, unjukkerja, dancerita yang sesuaidengantahapanbermainbalok. Subjekpenelitianadalahanak PAUD Taam Al Jihad Al AwwaluSamarindaSeberang yang berjumlah 16 orang, JenispenelitianberupaPenelitianTindakanKelas (PTK).Prosedurpenelitian yang digunakanadalahperencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Setelahhasil yang diperoleh, data tersebutditampilkandenganrentangnilaidandiklasifikasikankedalamBerkembangSangatBaik (BSB), BerkembangSesuaiHarapan (BSH), MulaiBerkembang (MB), BelumBerkembang (BB). Hasilpenelitiantindakankelasmenunjukannilai rata-rata peningkatan kecerdasan interpersonal anak pada pratindakan adalah 14% dengan nilai rata-rata 1,56 kategori BelumBerkembang (BB), siklus I adalah 26% mulai meningkat dengan rata-rata 1,99 kategori MulaiBerkembang (MB), siklus II adalah 59% meningkat lagi dengan nilai rata-rata 2,58 kategori BerkembangSesuaiHarapan (BSH), dan siklus III adalah 90% sangat meningkat dengan nilai rata-rata 3,06 kategori BerkembangSangatBaik (BSB). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran pendekatansentra pada sentra balok dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak usia dini.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/144
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV