View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Dewi Sartika Kutai Barat

Thumbnail
View/Open
Elisa Maulidya Saputri.docx (16.85Kb)
Date
2022-06-15
Author
Saputri, Elisa Maulidya
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Elisa Maulidya Saputri, 2022. “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Dewi Sartika Kutai Barat”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing ibu oleh ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag selaku pembimbing I dan ibu Dr. Siti Nor Asiah, S.E., M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penerapan bermain peran dalam dunia anak sangat penting dan sangat cocok untuk anak mengontrol emosi, dan bersosialisasi dengan cara berdiskusi dan memperagakannya hal ini juga berkaitan dengan tahap perkembangan anak prasekolah dan tahap perkembangan kognitif anak, bermain peran merupakan suatu permainan yang menggunakan daya khayal dan imajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan social emosional anak usia 5-6 tahun dengan melalui bermain peran di TK Dewi Sartika Kutai Barat, serta factor pendukung dan penghambat menyertainya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat yang berjumlah 13 anak terdiri dari 4 orang anak berjenis kelamin (laki-laki) dan 9 anak berjenis kelamin (perempuan). Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu mengikuti prosedur penelitian Tindakan kelas (PTK) diantaranya yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan atau Observasi, dan yang ke (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bermain peran dalam meningkatkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat menunjukkan bahwasanya dengan bermain peran social emosional anak disebut meningkat, hal ini telah dibuktikan pada pelaksanaan siklus I dimana mencapai 46,7% dan pada siklus II meningkat sesuai target peneliti mencapai 84%. Hasil penelitian penerapan bermain peran dalam meningkatkan social emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat yaitu disebut mengalami peningkatan sesuai target peneliti. Hasil penelitian penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan social emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat yaitu mengalami peningkatan sesuai target peneliti. Refleksi yang dilakukan yaitu melihat dari factor pendukung serta melihat antusias anak pada saat bermain peran dengan menggunakan alat dan bahan yang lengkap serta antusias dari kedua orang tua yang ingin mengenalkan sayur kepada anaknya. Factor penghambatnya yaitu karena keterbatasan waktu.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1480
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV