Show simple item record

dc.contributor.authorSaputri, Elisa Maulidya
dc.date.accessioned2022-07-20T01:53:24Z
dc.date.available2022-07-20T01:53:24Z
dc.date.issued2022-06-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1480
dc.description.abstractABSTRAK Elisa Maulidya Saputri, 2022. “Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Dewi Sartika Kutai Barat”. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing ibu oleh ibu Dr. Hj. Robingatin, M.Ag selaku pembimbing I dan ibu Dr. Siti Nor Asiah, S.E., M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya penerapan bermain peran dalam dunia anak sangat penting dan sangat cocok untuk anak mengontrol emosi, dan bersosialisasi dengan cara berdiskusi dan memperagakannya hal ini juga berkaitan dengan tahap perkembangan anak prasekolah dan tahap perkembangan kognitif anak, bermain peran merupakan suatu permainan yang menggunakan daya khayal dan imajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana peningkatan social emosional anak usia 5-6 tahun dengan melalui bermain peran di TK Dewi Sartika Kutai Barat, serta factor pendukung dan penghambat menyertainya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat yang berjumlah 13 anak terdiri dari 4 orang anak berjenis kelamin (laki-laki) dan 9 anak berjenis kelamin (perempuan). Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, tahap-tahap dalam penelitian ini yaitu mengikuti prosedur penelitian Tindakan kelas (PTK) diantaranya yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan atau Observasi, dan yang ke (4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan bermain peran dalam meningkatkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat menunjukkan bahwasanya dengan bermain peran social emosional anak disebut meningkat, hal ini telah dibuktikan pada pelaksanaan siklus I dimana mencapai 46,7% dan pada siklus II meningkat sesuai target peneliti mencapai 84%. Hasil penelitian penerapan bermain peran dalam meningkatkan social emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat yaitu disebut mengalami peningkatan sesuai target peneliti. Hasil penelitian penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan social emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dewi Sartika Kutai Barat yaitu mengalami peningkatan sesuai target peneliti. Refleksi yang dilakukan yaitu melihat dari factor pendukung serta melihat antusias anak pada saat bermain peran dengan menggunakan alat dan bahan yang lengkap serta antusias dari kedua orang tua yang ingin mengenalkan sayur kepada anaknya. Factor penghambatnya yaitu karena keterbatasan waktu.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode, Bermain Peran, Sosial Emosional Anaken_US
dc.titlePenerapan Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Dewi Sartika Kutai Baraten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record