View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Pemberian Umpan Balik (feedback) Positif Guru PAI terhadap Self confidence Siswa kelas V dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SDIT Istiqamah Balikpapan

Thumbnail
View/Open
Ismi Nur Renawati.docx (16.19Kb)
Date
2022-05-25
Author
Renawati, Ismi Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Ismi Nur Renawati, 2022 “Pengaruh Pemberian Umpan Balik (feedback) Positif Guru PAI terhadap Self confidence Siswa kelas V dalam PembelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) SDIT Istiqamah Balikpapan”. Skripsi. Samarinda:Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sultan AjiMuhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. Pemberian umpan balik positif guru PAI sangat dibutuhkan dalam meningkatkan self confidence (percaya diri) siswa dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembelajaran Tidak hanya membutuhkan pemberian umpan balik (feedback) positif namun siswa juga membutuhkan adanya rasa percaya diri terutama dalam hal menunjukkan kemampuan dirinya ketika kegiatan pembelajaran. Observasi yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas V memiliki tingkat percaya diri yang kurang. Sehingga Pemberian Umpan Balik Positif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan self confidence (percaya diri) siswa tersebut. Sehingga hal ini membuat penulis ingin meneliti bagaimana pengaruh pemberian umpan balik positif guru PAI terhadap self confidence (percaya diri) siswa kelas V di SDIT Istiqamah Balikpapan Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh populasi yang dijadikan sebagai sampel yakni sebanyak 46 siswa kelas V di SDIT Istiqamah Balikpapan Kota. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu berupa observasi,wawancara dengan guru PAI dan angket yang diisi oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai koefisien korelasi R = 0,297 dan diformulasikan dalam bentuk persentase koefisien determinasi sehingga diperoleh nilai keberpengaruhan umpan balik positif guru PAI terhadap self confidence siswa yaitu sebesar 8,8%. Hasil uji t menunjukan bahwa thitung 2,060> ttabel 1,68 dengan nilai signifikansi sebesar 0,045 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada umpan balik positif guru PAI terhadap Self confidence siswa kelas V SDIT Istiqamah Balikpapan Kota.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1531
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [901]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV