Show simple item record

dc.contributor.authorRenawati, Ismi Nur
dc.date.accessioned2022-08-05T02:17:54Z
dc.date.available2022-08-05T02:17:54Z
dc.date.issued2022-05-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1531
dc.description.abstractABSTRAK Ismi Nur Renawati, 2022 “Pengaruh Pemberian Umpan Balik (feedback) Positif Guru PAI terhadap Self confidence Siswa kelas V dalam PembelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) SDIT Istiqamah Balikpapan”. Skripsi. Samarinda:Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam Negeri Sultan AjiMuhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Ibu Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. Pemberian umpan balik positif guru PAI sangat dibutuhkan dalam meningkatkan self confidence (percaya diri) siswa dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pembelajaran Tidak hanya membutuhkan pemberian umpan balik (feedback) positif namun siswa juga membutuhkan adanya rasa percaya diri terutama dalam hal menunjukkan kemampuan dirinya ketika kegiatan pembelajaran. Observasi yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas V memiliki tingkat percaya diri yang kurang. Sehingga Pemberian Umpan Balik Positif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan self confidence (percaya diri) siswa tersebut. Sehingga hal ini membuat penulis ingin meneliti bagaimana pengaruh pemberian umpan balik positif guru PAI terhadap self confidence (percaya diri) siswa kelas V di SDIT Istiqamah Balikpapan Kota. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan sampel jenuh yaitu seluruh populasi yang dijadikan sebagai sampel yakni sebanyak 46 siswa kelas V di SDIT Istiqamah Balikpapan Kota. Adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu berupa observasi,wawancara dengan guru PAI dan angket yang diisi oleh siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai koefisien korelasi R = 0,297 dan diformulasikan dalam bentuk persentase koefisien determinasi sehingga diperoleh nilai keberpengaruhan umpan balik positif guru PAI terhadap self confidence siswa yaitu sebesar 8,8%. Hasil uji t menunjukan bahwa thitung 2,060> ttabel 1,68 dengan nilai signifikansi sebesar 0,045 < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan pada umpan balik positif guru PAI terhadap Self confidence siswa kelas V SDIT Istiqamah Balikpapan Kota.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectUmpan Balik (feedback) Positif, Guru PAI, Self confidenceen_US
dc.titlePengaruh Pemberian Umpan Balik (feedback) Positif Guru PAI terhadap Self confidence Siswa kelas V dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) SDIT Istiqamah Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record