dc.description.abstract | ABSTRAK
Arianti Hasanah, 2021. “Strategi Koran Kaltim Post dalam Menarik Pembaca di Era Digital”. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Abu bakar Idham, M.Ag, selaku Pembimbing I dan Sabiruddin, MA selaku Pembimbing II.
Dalam kurun waktu 2010 awal hingga kini berbagai media cetak di ranah internasional maupun nasional telah banyak berkurang. Perkembangan globalisasi semakin meluas, ini yang menjadi tantangan besar bagi perusahaan media cetak untuk terus bertahan di era teknologi saat ini, hal ini yang mengharuskan perusahaan media cetak merancang strategi pemasaran yang lebih efektif, inovatif serta kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dari kaltim post didalam menarik pembaca di era digital.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menggambarkan karakteristik situasi, kelompok atau individu tertentu. Penelitian ini juga menggunakan dua sumber data, yakni sumber data primer dan sumber data skunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua triangulasi, yakni triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan atau penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang didapat dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang dibuat oleh Kaltim Post di era digital meliputi : (1) Inovasi Kualitas Konten, diantaranya a. Menggunakan Platform Digital, b. Membuat QR Code (2) Berbagai Tindakan Promosi Berbasis Konvergensi, diantaranya a. Update di Media Sosial, b. Memperluas Jaringan Kerja Sama (3) Efektivitas Tempat, hal ini berkaitan dengan sistem pendistribusian Koran Kaltim Post yang semakin mudah diakses. (4) Sistem Harga Progresif, hal ini diterapkan karena sistem bahan produksi yang terus meningkat. Dari keempat point strategi yang telah dibuat Kaltim Post dalam Menarik Pembaca di Era Digital sudah terlaksana dari tahun 2016 hingga sekarang, serta telah didapatkan hasil yang baik dan memberikan dampak positif bagi media Kaltim Post sehingga masih bisa bertahan di era digital. Hal ini dapat terbukti dari masih bertahannya Kaltim Post di era digital saat ini, dan masih banyaknya pelanggan tetap yang dimiliki serta masyarakat yang berminat beriklan di Kaltim Post dan terus meningkatnya pengikut akun sosial media Kaltim Post. | en_US |