Gaya Komunikasi Guru dalam Pembentukan Perilaku Anak pada Taman Kanak-Kanak Negeri 04 Palaran
Abstract
ABSTRAK
Elmirra Vidiana Dewi, 2022. “Gaya Komunikasi Guru dalam Pembentukan Perilaku Anak pada Taman Kanak-Kanak Negeri 04 Palaran”. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Sy. Nurul Syobah, M.Si sebagai Dosen Pembimbing I dan Rudy Hadi Kusuma, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini muncul ketika melihat kesulitan guru dalam mendidik anak usia dini. Gaya komunikasi yang diterapkan kepada anak usia dini, tentu berbeda dengan remaja atau dewasa. Untuk itu guru wajib memahami gaya komunikasi yang akan diterapkan kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi guru dalam pembentukan perilaku anak pada Taman Kanak-Kanak Negeri 04 Palaran.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dianalisis dengan tahap kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di TK Negeri 04 Palaran menggunakan gaya komunikasi the equalitarian style yang ditunjukkan dengan bersikap peduli kepada murid, the structuring style yang ditunjukkan dengan memberi pesan dengan lagu yang diubah liriknya, the relinguishing style yang ditunjukkan dengan mendengarkan keluh kesah para murid, dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari, termasuk untuk membentuk perilaku murid. Pada kondisi tertentu guru akan menerapkan gaya komunikasi the controlling style dan the dynamic style, yaitu ketika murid susah diatur.