Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar di Tenggarong
Abstract
ABSTRAK
Mutmainnah, 2022. “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar di Tenggarong”. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Sy. Nurul Syobah., M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. Bahrani.,M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian adalah persyaratan kemampuan membaca masuk SD masih menjadi dilema dikalangan orang tua dan pendidik, tapi di sisi lain bila masih ditemukan siswa belum bisa membaca maka akan menjadi masalah yang harus dihadapi oleh guru kelas rendah karena bila siswa belum bisa membaca bagaimana guru memberikan pemahaman pada suatu pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas rendah sekolah dasar, untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas rendah sekolah dasar dan mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas rendah sekolah dasar di Tenggarong.
Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang wali kelas atau guru yang mengajar dikelas 1 atau kelas rendah sekolah dasar di Tenggarong. Tempat penelitian bertempat di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Tenggarong, Sekolah Dasar Islam Terpadu Ash-Habul Kahfi dan Sekolah Dasar Negeri 005 Tenggarong, dengan tehnik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman sebagai langkah awal yaitu melakukan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sebagai pembuktiannya, serta sebagai pengujian keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa awal masuk kemampuan membaca siswa masih sangat rendah, sangat diperlukan adanya strategi agar siswa yang masih berkesulitan membaca segera ditindaklanjuti dengan menggunakan strategi dari guru kelas rendah. Strategi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas rendah sekolah dasar di Tenggarong adalah dengan penggunaan strategi kartu huruf, strategi buku cerita bergambar, dan strategi nyanyian, strategi pembelajaran dilakukan dengan bermain dan melibatkan aspek lainnya dalam tehnik penyampaiannya. Faktor pendukung internal adalah adanya dukungan dari pihak sekolah yaitu kepala sekolah yang menyediakan media atau alat yang digunakan dalam strategi guru tersebut, sedangkan faktor pendukung eksternal adalah dari orangtua siswa yang senantiasa memberikan dukungan kepada guru dalam pembelajaran membaca dirumah. Faktor penghambat internal adalah ditemukan hanya pada awal pembelajaran yaitu siswa yang kurang fokus dan suasana kelas yang kurang kondusif, sedangkan faktor penghambat eksternal adalah kurangnya dukungan orang tua siswa.