Kompetensi Profesional Gurudalam Pembelajaran PAUD di Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Antung Dewi Nurliana Sagita, 2021. “Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran PAUD di Kota Samarinda”. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas IslamNegeri Sultan Muhammad Aji Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. M. Abzar D, M.Ag, sebagai dosen pembimbing I dan Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si, sebagai dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagai guru pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berkualitas memiliki kompetensi profesional yang baik dalam melaksanakan tugasnya yaitu dapat menyusun materi serta kegiatan yang kreatif, mendidik dan mengajar siswa serta menganalisis perkembangan anak didik sesuai tahapan perkembangannya. Sedemikian penting tugas dan tanggung jawab guru, maka dalam proses pembelajarannya diperlukan guru yang profesional dan yang berkompeten. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru PAUD di Kota Samarinda. (2) Untuk mengetahui upaya pengembangan kompetensi profesional yang dilakukan guru PAUD di Kota Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Taman Kanak-kanak Islamic Center dan Taman Kanak-kanak Fastabiqul Khairat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan tinjauan dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Guru di Taman Kanak- kanak Kota Samarinda sudah memiliki kompetensi profesional. Guru sudah memiliki kualifikasi pendidikan sarjana dengan memahami dan mengembangkan materi, struktur, dan konsep bidang keilmuan yang mendukung serta sejalan dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan anak usia dini, merancang berbagai kegiatan pengembangan secara kreatif sesuai dengan tahapan perkembangan anak usia dini dan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif; (2) Upaya yang dilakukan guru Taman Kanak- kanak di Kota Samarinda dalam meningkatkan kompetensinya denganmelanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, mengikuti berbagai kegiatan diklat, pelatihan, workshop dan seminar. Sekolah memfasilitasi dan mengirim guru untuk mengikuti studi banding ke sekolah yang dipandang lebih maju. Mengadakan sosialisasi hasil pelatihan dan berbagai kebijakan pemerintah dengan mendatangkan narasumber.