Show simple item record

dc.contributor.authorKadir, Adi Busman
dc.date.accessioned2022-09-08T06:20:45Z
dc.date.available2022-09-08T06:20:45Z
dc.date.issued2022-02-02
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1698
dc.description.abstractABSTRAK Adi Busman Kadir. 2021. “Strategi Komunikasi Pemasaran Koran Samarinda Pos di Tengah Pandemi Covid-19”. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. M. Abzar D., M.Ag. dan Sri Ayu Rayhaniah, M.Sos. Penelitian ini berlatar belakang pengaruh pandemi Covid-19 yang memberikan dampak negatif terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat salah satunya adalah berkurangnya pemasukan media massa. Samarinda pos sendiri adalah koran lokal Kota Samarinda yang memuat berita kriminal. Pada masa pandemi Covid-19 Samarinda Pos mengalami penurunan persentasi pasar dari sebelumnya. Dalam hal ini tentunya Samarinda Pos memerlukan strategi komunikasi pemasaran agar dapat bertahan dalam situsi sulit seperti ini. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengatahui strategi komunikasi pemasaran koran Samarinda Pos di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Penggunaan jenis penelitian dan metode pengumpulan data ini agar peneliti dapat mendeskripsikan serta menganalisa startegi dan dampak yang ada pada koran Samarinda Pos. Penelitian ini juga dilandasi teori bauran pemasaran (product, price, place, promotion) dari Philip Kotler. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Samarinda Pos selama pandemi Covid-19 terhadap Produk Samrinda Pos adalah menciptakan koran digital / epaper yang di akses melalui website Samarinda, adapun untuk harga korannya yaitu Rp 5.000, pereksemplar dengan jumlah 16 halaman dan Samarinda Pos memberikan diskon kepada klien sesuai dengan kondisi perusahaan masing-masing, untuk tempat pendistribusian koran Samarinda Pos lebih banyak di persimpangan jalan raya lampu merah selebihnya di instansi pemerintah, warung-warung, dan lain sebagainya, serta lebih memasifkan penyebaran berita breaking news pada media sosial Samarinda Pos, kemudian untuk melakukan promosi Samarinda Pos mengadakan kegiatan kunjungan jarak jauh kepada klien dan calon klien melalui telepon.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Komunikasi Pemasaran, Koran Samarinda Pos, Pandemi Covid-19en_US
dc.titleStrategi Komunikasi Pemasaran Koran Samarinda Pos di Tengah Pandemi Covid-19en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record