Show simple item record

dc.contributor.authorRusnani, Rusnani
dc.date.accessioned2022-09-23T06:59:36Z
dc.date.available2022-09-23T06:59:36Z
dc.date.issued2021-06-16
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1738
dc.description.abstractABSTRAK Rusnani, 2021. “Implementasi Metode Kisah Islami pada TK Islam di Samarinda .” Tesis Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibmbing oleh Dr.Muhammad Nasir, M.Ag dan Dr. Fathul Janah, M.SI. Dalam pendidikan anak usia dini, pemilihan metode pembelajaran sangat diperlukan, metode kisah Islami merupakan salah satu metode yang digunakan dalam meningkatkan nilai agama dan moral. Metode berkisah ialah suatu cara menyampaikan materi pembelajaran melalui kisah-kisah atau cerita yang dapat menarik perhatian peserta didik. Dengan memberikan kisah islami, diharapkan peserta didik mempraktekkannnya dalam keseharian sehingga dapat membentuk akhlak Islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode kisah Islami pada TK Darul Falah Ponpes, TK Labbaika dan TKIT Ar Risalah. Dan apa saja pelaksanaan metode berkisah Islami dari ketiga TK tersebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru pada TK Darul Falah Ponpes, TK Labbaika dan TKIT Ar Risalah Samarinda. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat langkah yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan meliputi perencanaan perangkat pembelajaran, materi, media dan teknik pengajaran. Pada TK Darul Falah Ponpes, TK Labbaika dan TKIT Ar Risalah telah melaksanakan perencanaan pembelajaran. (2). Pelaksanaan, Guru pada TK Darul Falah Ponpes, dan TK Labbaika telah melaksanakan tahapan pembelajaran dimana metode terdiri atas kegiatan pembukaan, inti dan penutup beserta teknik pengajarannya. Sedangkan pada TKIT Ar Risalah tidak berjalan sesuai dengan tahapan pembelajaran karena proses pembelajarannya dalam jaringan (daring). (3) Penilaian, guru pada TK Darul Falah Ponpes, TK Labbaika dan TKIT Ar Risalah melakukan penilaian dengan teknik observasi. Faktor yang mendukung kegiatan berkisah Islami pada TK Darul Falah Ponpes, TK Labbaika dan TKIT Ar Risalah adalah tenaga kependidikan yang menguasai kisah-kisah Islami serta di dukung dengan lingkungan, materi dan sumber pembelajaran yang memadai. Sedangkan kendala yang dihadapi pada pembelajaran dengan metode berkisah adalah siswa yang kurang fokus jika duduk lebih dari 15 menit dan pada TKIT Ar Risalah yang menerapkan metode pembalajaran dalam jaringan (Daring).en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectImplementasi, Metode Kisah Islami, TK Islamen_US
dc.titleImplementasi Metode Kisah Islami pada TK Islam di Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record