Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Daring Pada Siswa Kelas 2 Di SD Muhammadiyah 5 Kota Samarinda Tahun 2020/2021
Abstract
ABSTRAK
Rahayu Anugrah Agus, 2021. Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Daring Pada Siswa Kelas 2 Di SD Muhammadiyah 5 Kota Samarinda Tahun 2020/2021, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda.Dr. Hj. Robingatin, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Umar Fauzan, M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya masa pandemi covid-19 yang membawa perubahan dalam pembelajaran dari tatap muka (offline) menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring/online) di semua lembaga pendidikan, termasuk di SD Muhammadiyah 5, pada pembelajaran Bahasa Inggris di kelas 2. Tujuan penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode daring pada siswa Kelas 2 di SD Muhammadiah 5 Samarinda. (2). Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode daring pada siswa Kelas 2 di SD Muhammadiah 5 Samarinda. (3). Untuk mengetahui penilaian pembelajaran Bahasa Inggris dengan metode daring pada siswa Kelas 2 di SD Muhammadiah 5 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model studi kasus untuk menjawab tujuan penelitian di atas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 5 Samarinda dengan responden terdiri kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi dan penelitian ini didasarkan pada teknik yang dikemukakan Miles, Huberman dan Saldana adalah kondensasi data, menyajikan data dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menemukan, yaitu: 1) Perencanaan, meliputi perangkat pembelajaran, materi, media dan teknik pengajaran di SD Muhammadiyah 5 Samarinda. 2) Pelaksanaan, terdiri atas kegiatan pembukaan, inti dan penutup beserta Media pembelajaran yaitu Whatsapp, Zoom, Google Classroom dan Metode pengajarannya yaitu Total Physical Response, Listen and Do, Ice Breaking, dan Question and Answer. 3) Penilaian, dilakukan dengan penugasan, Tes Lisan, dan observasi.