View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Pemahaman Siswa tentang mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda

Thumbnail
View/Open
Mardotilah.docx (19.86Kb)
Date
2019-08-27
Author
Mardotilah, Mardotilah
Metadata
Show full item record
Abstract
Mardotilah. Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Pemahaman Siswa tentang mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah M.SI dan Siti Nasiah, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah hubungan gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda, pada saat proses pembelajaran berlansung ada salah satu guru mata pelajaran akidah akhlak yang menggunakan gaya mengajar teknologis yaitu gaya mengajar guru yang dominan berpegang pada berbagai sumber media pembelajaran (contonya seperti power point, film, internet, dan lainya) kemudian guru sebagai pemandu dalam pembelajaran, dan dalam pembelajaran guru dan siswa sama-sama berperan aktif. Ketika pembelajaran berlansung siswa dilihat lebih cepat tanggap atau paham saat guru menggunakan gaya mengajar tersebut. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Pemahaman siswa tentang mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa MTs Darul Muta’allimin Samarinda yang berjumlah 130 siswa dan sampel sebanyak 25 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes pemahaman, dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinan dan uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda sebesar 0,761 yang apabila diintrpretasikan dengan tabel r berada diantara 0,600-0,799 berarti tingkat hubungannya cukup. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 4,9183 > ttabel = 2,06866 sehingga Ho ditolak dan Hα diterima bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,761 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan variabel gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak sebesar 51,2%.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/177
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [864]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV