Show simple item record

dc.contributor.authorMardotilah, Mardotilah
dc.date.accessioned2020-03-19T06:30:10Z
dc.date.available2020-03-19T06:30:10Z
dc.date.issued2019-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/177
dc.description.abstractMardotilah. Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Pemahaman Siswa tentang mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Fathul Janah M.SI dan Siti Nasiah, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah hubungan gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda, pada saat proses pembelajaran berlansung ada salah satu guru mata pelajaran akidah akhlak yang menggunakan gaya mengajar teknologis yaitu gaya mengajar guru yang dominan berpegang pada berbagai sumber media pembelajaran (contonya seperti power point, film, internet, dan lainya) kemudian guru sebagai pemandu dalam pembelajaran, dan dalam pembelajaran guru dan siswa sama-sama berperan aktif. Ketika pembelajaran berlansung siswa dilihat lebih cepat tanggap atau paham saat guru menggunakan gaya mengajar tersebut. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan Gaya Mengajar Guru dengan Pemahaman siswa tentang mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa MTs Darul Muta’allimin Samarinda yang berjumlah 130 siswa dan sampel sebanyak 25 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes pemahaman, dan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, koefisien determinan dan uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda sebesar 0,761 yang apabila diintrpretasikan dengan tabel r berada diantara 0,600-0,799 berarti tingkat hubungannya cukup. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 4,9183 > ttabel = 2,06866 sehingga Ho ditolak dan Hα diterima bahwa ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak di MTs Darul Muta’allimin Samarinda dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,761 dapat dimaknai bahwa besarnya sumbangan variabel gaya mengajar guru dengan pemahaman siswa tentang mata pelajaran akidah akhlak sebesar 51,2%.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectGAYA MENGAJARen_US
dc.titleHubungan Gaya Mengajar Guru dengan Pemahaman Siswa tentang mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record