Show simple item record

dc.contributor.authorNorhidayah, Norhidayah
dc.date.accessioned2022-10-06T01:48:14Z
dc.date.available2022-10-06T01:48:14Z
dc.date.issued2021-05-01
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1786
dc.description.abstractABSTRAK Norhidayah, 2021. ” Metode Pembelajaran dalam Pencapaian Nilai Agama dan Moral pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Bontang”. Tesis, Jurusan Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Iskandar. M. Ag sebagai pembimbing I, dan Dr. H. M. Kusasi. M. Pd, sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada hakikatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan untuk memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran dalam pencapaian nilai agama dan moral pada siswa Taman Kanak Kanak di Kota Bontang dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam metode pembelajaran untuk pencapaian nilai agama dan moral siswa Taman Kanak-Kanak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Adapun Metode pengumpulan data variabel diukur secara kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dalam mencari dan mengolah data, menggunakan Teknik analisis data meliputi; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian ini menunjukkan menunjukan bahwa metode pembelajaran dalam pencapaian nilai agama dan moral dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, bercerita, demonstrasi, bermain peran, dan outbound. serta metode pembiasaan melakukan praktek ibadah dan metode pengenalan syair dan lagu atau puisi. Pencapaian nilai moral dan agama pada siswa yang menjadi faktor pendukung yaitu kemampuan guru dalam metode pembelajaran dan kemauan anak serta dari pengelola dan orang tua siswa. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan adalah keterbatasan waktu saat anak berada dilayanan PAUD/TK, fasilitas belum optimal dan kurangnya stimulus pengulangan pembelajaran di rumah karena tidak semua orang tua murid memahami metode pembelajaran.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMetode, Pembelajaran, Pencapaian Nilai Agama, Moralen_US
dc.titleMetode Pembelajaran dalam Pencapaian Nilai Agama dan Moral pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Kota Bontangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record