Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Pendapatan Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia Tahun 2016-2020
Abstract
ABSTRAK
Indha Syukri, 2021. “Pengaruh Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Pendapatan Pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia Tahun 2016-2020”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan Fitria Rahmah, SEI., MA.
Berkembangnya lembaga-lembaga syariah menimbulkan persaingan yang semakin kompetitif. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) merupakan salah satu lembaga keuangan yang memiliki potensi besar untuk semakin berkembang. Salah satu indikator berhasilnya bank adalah ketika mampu meningkatkan jumlah nasabah sehingga pendapatan pun semakin baik. Untuk meningkatkan pendapatan maka perlu adanya strategi promosi yang tepat, juga kegiatan pendidikan dan pelatihan yang efektif sehingga mampu menciptakan sumber daya manusia yang kreatif, prima dan berkompeten. Untuk melaksanakan kegiatan promosi, pendidikan dan pelatihan perlu adanya alokasi biaya yang dikeluarkan bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi, biaya pendidikan dan pelatihan secara parsial dan simultan terhadap pendapatan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder bersumber dari Laporan data bulanan Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan, dan Pendapatan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah dari tahun 2016 sampai Tahun 2020 melalui website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) www.ojk.go.id. Populasi yang digunakan sebanyak 180 data dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 180 data. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t, dan uji F dan koefisien determinasi (R2) dengan alat bantu pengolah data SPSS 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Biaya Promosi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan, lalu secara parsial variable Biaya Pendidikan dan Pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah di Indonesia Tahun 2016-2020
Kata kunci: Biaya Promosi, Biaya Pendidikan dan Pelatihan, Pendapatan