Show simple item record

dc.contributor.authorYani, Sela Fitri
dc.date.accessioned2022-10-11T03:22:25Z
dc.date.available2022-10-11T03:22:25Z
dc.date.issued2021-11-04
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1819
dc.description.abstractABSTRAK Sela Fitri Yani, 2021. “Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Balikpapan”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Moh. Mahrus, S.Ag., M.HI dan Angrum Pratiwi, M.E.I. Latar belakang masalah ini adalah umumnya gadai syariah merupakan perjanjian antara seseorang atau lembaga keuangan untuk menyerahkan harta benda berupa emas, perhiasan, kendaraan, atau harta benda lainnya sebagai jaminan atau agunan kepada seseorang atau kepada lembaga pegadaian syariah sesuai dengan hukum gadai syariah. Gadai yang dimaksud, ditandai dengan mengisi dan menandatangani surat bukti gadai (rahn). Di bentuknya Pegadaian Syariah selain karena tuntutan idealisme juga disebabkan dari keberhasilan terlembaganya bank, BMT, BPR dan asuransi syariah, pegadaian mendapat perhatian agar di bentuk di bawah naungan suatu lembaga tersendiri. Atas dasar evaluasi dari perkembangan rahn sebagai produk perbankan syariah yang belum begitu baik, disebabkan oleh terbatasnya keberadaan komponen pendukung produk rahn seperti, sumber daya penaksir, alat untuk menaksir, dan gudang penyimpanan barang jaminan, bank tidak mampu memfasilitasi keberadaan rahn, tetapi rahn sangat dibutuhkan Masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Sifat penelitian ini deskriptif dengan penjabaran kualitatif, maksudnya peneliti mengumpulkan data dan data tersebut terkumpul dalam bentuk deskriptif atau gambaran. Lokasi penelitian PT. Pegadaian Syariah Cabang Balikpapan. Waktu penelitian dimulai dari 01 Agustus sampai 30 Agustus 2021. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, pertama sumber data primer didapat dari melalui interview atau wawancara yang di lakukan secara langsung dengan Pimpinan Cabang dan Marketing, kedua sumber data sekunder merupakan sumber data penunjang yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui, pertama wawancara yang digunakan peneliti adalah wawancara semi terstruktur, kedua dokumentasi digunakan untuk mencatat, menyalin, mengambil gambar. Teknik analisis data yang digunakan Peneliti adalah analisis induktif, yang berawal dari informasi khusus tentang strategi pemasaran produk gadai emas pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Balikpapan. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Syariah Cabang Balikpapan yaitu menggunakan baruan pemasaran (Marketing Mix) yang terdiri atas 7P, namun yang menonjol hanyalah 4P yaitu, Harga (Price), Tempat (Place) Promosi (Promotion) dan Proses (Process) sudah dapat menarik minat nasabah disebabkan oleh faktor fokusnya karyawan marketing dalam mempromosikan produk, masyarakatnya yang suka menyimpan emas sehingga produk gadai emas syariah sangat diminati. Kata Kunci : Rahn, Ujroh, Promosien_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectRahn, Ujroh, Promosien_US
dc.titleStrategi Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Gadai Emas Pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record