View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt To Equity Ratio (DER), Beban Operational pada Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah (BUS) Tahun 2015-2020

Thumbnail
View/Open
Rizali Anhar.docx (17.09Kb)
Date
2021-06-10
Author
Anhar, Rizali
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Rizali Anhar, 2021, “Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt To Equity Ratio (DER), Beban Operational pada Pendapatan Operasional (BOPO) Terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah (BUS) Tahun 2015-2020. Skripsi, Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Moh Mahrus, S.Ag., M.HI dan Bapak Dedy Mainata, S.E., M.Ag. Mengingat pentingnya peranan bank syariah di Indonesia, maka perlu ditingkatkan kinerja bank syariah agar perbankan dengan prinsip syariah tetap sehat dan efisien. Dengan kinerja bank yang baik maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bank akan meningkat. Sebaliknya, jika kinerja bank menurun maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bank juga akan berkurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt To Equity Ratio (DER), Beban Operational pada Pendapatan Operasional (BOPO) secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah (BUS) Periode 2015-2020. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt To Equity Ratio (DER), Beban Operational pada Pendapatan Operasional (BOPO) secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah (BUS) Periode 2015-2020 Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Di dalam penelitian ini mengambil semua populasi yaitu 14 Bank Umum Syariah. Sumber data dari penelitian ini bersifat data sekunder. metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, data yang digunakan adalah laporan keuangan bulanan Bank Umum Syariah (BUS) dari Tahun 2015 samapi Tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode dari analisis regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi komputer SPSS ver.23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai thitung 3,049 > ttabel 1,995 menunjukan variabel Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Nilai signifikasi sebesar 0,064 > 0,05 dan nilai thitung 1,883 < ttabel 1,995 menunjukan variabel Debt To Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Nilai signifikasi sebesar 0,027 < 0,05 dan nilai thitung 2,262 > ttabel 1,995 menunjukan variabel Beban Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Return On Asset (ROA). Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt To Equity Ratio (DER), Beban Operational pada Pendapatan Operasional (BOPO) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA). sedangkan Capital Adequacy Ratio (CAR) paling dominan berpengaruh terhadap variabel Return On Asset (ROA). Kata kunci: Capital Adequacy Ratio (CAR), Debt To Equity Ratio (DER), Beban Operational pada Pendapatan Operasional (BOPO), dan Return On Asset (ROA)
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1828
Collections
  • E-Skripsi - Perbankan Syariah [318]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV