Motivasi Orang tua Menyekolahkan Anak pada Taman Kanak-Kanak Islam di Sangatta
Abstract
ABSTRAK
Nur Latifah, 2022. “Motivasi Orang tua Menyekolahkan Anak pada Taman Kanak-Kanak Islam di Sangatta”. Tesis. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag, sebagai pembimbing I dan Dr. Siti Nor Asiah, M. Pd, sebagai pembimbing II.
Motivasi orang tua yang kuat agar pendidikan agama bagi anaknya sudah tertanam sejak usia dini merupakan suatu pemikiran yang sangat positif. Adanya suatu kesadaran bagi orang tua yang sudah mempersiapkan masa depan bagi anaknya agar memiliki dasar pondasi agama yang kuat, menjadi suatu harapan bagi orangtua supaya anaknya memiliki ketaqwaan dan keimanan yang kuat. Merupakan suatu fenomena yang perlu diapresiasi adanya suatu kesadaran dari orangtua memilih lembaga PAUD yang Islami bagi anaknya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan motivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya pada Taman Kanak-Kanak Islam di Sangatta dan untuk mendeskripsikan factor pendukung dan penghambat motivasi orang tua untuk menyekolahkan anak pada Taman Kanak-kanak Islam di Sangatta.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Lokasi penelitian di Taman Kanak-kanak Islam Darun Najah Sangatta Selatan, Taman Kanak-kanak Nurul Ikhsan Sangatta Utara, dan Taman Kanak-kanak ABA 2 Sangatta Utara. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Taman Kanak-kanak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dengan Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; Motivasi orang tua menyekolahkan anak usia dini di Taman Kanak-kanak Islam di Sangatta: Karena ingin anak mereka menjadi anak yang shaleh; Anak memiliki banyak hafalan; Anak mengenal pembiasaan agama sejak dini. Faktor pendukung dan penghambat, untuk Faktor pendukung; Sistem keterbukaan perkembangan anak didik; Terlihat dari sistem pergaulan anak, sopan, mandiri dan bertanggungjawab. Kemudian Faktor Penghambat; Biaya masuk TK yang relatif mahal dan sangat menyita waktu orangtua dalam hal mengantar ataupun menjemput.