Show simple item record

dc.contributor.authorFajri, Muhamad
dc.date.accessioned2022-10-24T02:47:00Z
dc.date.available2022-10-24T02:47:00Z
dc.date.issued2019-06-21
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1900
dc.description.abstractABSTRAK Muhamad Fajri. 2019. Pemikiran Filosofis Imam Suprayogo dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi Keislaman di Indonesia. Tesis Program Pascasarjana IAIN Samarinda. Program Studi Pendidikan Agama Islam. penelitian ini dibimbing oleh Dr. Iskandar, M.Ag dan Dr. Zamroni, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan Imam Suprayogo dalam mengembangkan perguruan tinggi Islam yang ia pimpin selama 15 tahun (1998-2013) dengan berbagai prestasi dan gagasan yang bisa menjadi inspirasi para pemerhati pendidikan tinggi Islam utamanya dalam hal upaya integrasi ilmu sampai dengan pengaruhnya terhadap status kelembagaan pendidikan tinggi. Gagasan Imam Suprayogo bisa ditemukan terhadap pengembangan ilmu pendidikan tinggi dapat ditemukan disetiap karya-karyanya. Sehingga dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pemikiran filosofis Imam Suprayogo dalam pengembangan pendidikan tinggi keislaman di Indonesia dan relevansinya terhadap pengembagan perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode peneltian kualitatif-deskriptif, jenisnya kepustakaan (library research) dengan pendekatan filsafat. Adapun analisis yang digunakan untuk mengolah data ialah content analysis (analisis isi). Data primer dalam penelitian sudah tentu merupakan karya-karya Imam Suprayogo yang berkaitan erat dengan pengembangan pendidikan tinggi pada aspek keilmuan, sedang data sekunder dalam penelitian ini berupa buku-buku, jurnal, laporan penelitian dan sejenisnya yang relevan dengan pokok permasalahan. Hasil dari penelitian ini ialah ditemukannya pemikiran filosofis Imam Suprayogo dalam pengembangan pendidikan tinggi keislaman yang tersusun berdasarkan kajian filsafat, yakni secara ontologi Imam Suprayogo melakukan penelusuran kesetaraan antara sumber ajara Islam (Alqur‟an dan Hadits) dengan filsafat sebagai induk ilmu pengetahuan dalam rangka integrasi ilmu agama dan ilmu umum serta cabang-cabangnya; secara epistimologi Imam Suprayogo memulai dengan menyandingkan dua budaya pendidikan yang berbeda, yakni perguruan tinggi dengan pesantren atau ma’had; dan secara aksiologi tentunya menghasilkan perguruan tinggi yang ideal, sampai dengan manusianya atau lulusannya. Kemudian relevansi pemikirannya terhadap pendidikan tinggi keislaman di Indonesia, Imam Suprayogo memberikan idealitas perguruan tinggi Islam dalam memformat perguruan tinggi Islam, pengembangan keilmuan dan lulusan perguruan tinggi Islam sesuai dengan anjuran Alqur‟an. Kata Kunci : Pemikiran Filosofis Imam Suprayogo, Pengembangan Pendidikan Tinggi Keislaman di Indonesiaen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPemikiran Filosofis Imam Suprayogo, Pengembangan Pendidikan Tinggi Keislaman di Indonesiaen_US
dc.titlePemikiran Filosofis Imam Suprayogo dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi Keislaman di Indonesiaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record