dc.description.abstract | ABSTRAK
M. Urfa Assafi, 2021 “Pengaruh Biaya Promosi dan Harga Dasar Emas Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas Syariah di Bank Mandiri Syariah KCP Pahlawan”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Akhamd Nur Zaroni, M.Ag dan Dedy Mainata, S.E, M.Ag.
Masyarakat menginginkan perbankan yang sesuai dengan syariat ditandai dengan masyarakat muslim bahwa perbankan konvensional mengandung unsur riba. Hadirnya UU No.21 Tahun 2008 membuat perbankan syariah memperkuat eksistensinya. Dalam produk dan jasa yang ditawarkan oleh bank syariah untuk menghimpun dan menyalurkan dana, salah satunya adalah gadai syariah. Produk Gadai Emas syariah salah satu produk yang mudah dan aman. Kemudahan gadai Emas atas jasanya, meningkatkan omzet gadai emas di bank mandiri syariah. Di Tahun 2020 dari bulan Februari hingga Maret omzet gadai emas naik 11,26% dari Rp 741,1 miliar per februari 2020 menjadi Rp. 824,6 miliar per maret 2020. Hal itu juga dibutuhkan penentuan biaya promosi tepat dalam menjalankan strategi promosi. Serta melihat seimbangnya permintaan dan penawaran pasar yang dapat mempengaruhi naik turunya harga dasar emas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Biaya Promosi dan Harga Dasar Emas secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas Syariah di Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan periode 2017-2020. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Biaya Promosi dan Harga Dasar Emas terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas Syariah di Bank Mandiri Syariah KCP Pahlawan periode 2017-2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Bank Syariah Mandiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara di Bank Syariah Mandiri KCP Pahlawan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi computer SPSS ver.21.
Berdasarkan hasil regresi linear dan pengujian hipotesis yang dilakukan dapat diketahui bahwa Biaya Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas dilihat dari hasil thitung dengan nilai 0,951 artinya lebih besar dari nilai signifikan (0,05), sedangkan Harga Dasar Emas berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Gadai Emas dilihat dari thitung dengan nilai 0,008 artinya lebih kecil dari nilai signifikannya. Namun, dilihat secara simultan kedua variabel ini memiliki pengaruh signifikan dengan nilai fhitung 3,851 lebih besar dari nilai ftabel 3,20.
Kata Kunci : Biaya Promosi, Harga Dasar Emas, Jumlah Nasabah Gadai Emas | en_US |