Show simple item record

dc.contributor.authorRenaya, Alanray Yarra
dc.date.accessioned2022-11-23T02:30:50Z
dc.date.available2022-11-23T02:30:50Z
dc.date.issued2022-06-15
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2071
dc.description.abstractABSTRAK Alanray Yarra Renaya, 2022. “Praktik Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Ida Suryani Wijaya, M.Si. dan Andi Muhammad Abdi, M.I.Kom. Kehidupan manusia tidak terlepas dari mengkonsumsi sesuatu. Pemenuhan akan kebutuhan menjadi hal utama dalam suatu proses konsumsi, namun dewasa ini berkembangannya teknologi informasi dan komunikasi semakin mempermudah pelbagai kegiatan hidup manusia, hal tersebut telah mengubah pola konsumsi yang semula konsumsi merupakan sebuah kegiatan memenuhi kebutuhan hidup, kini konsumsi sudah menjadi pemenuhan akan sebuah keinginan. Pemenuhan akan keinginan yang terus meningkat disebabkan karena iklan yang selalu muncul dalam tiap aktivitas kehidupan manusia. Perilaku konsumtif merupakan sebuah keputusan pembelian berlandaskan hasrat keinginan dibandingkan kebutuhan, konsumsi akan suatu keinginan menjadikan seseorang hanya fokus pada nilai tanda. Konsep nilai tanda merupakan pokok bahasan dari teori simulakra yang dikembangkan oleh filsup post-modern yakni, Jean Baudrillard. Simulakra merupakan realitas baru, seseorang berada dalam realitas tersebut hanya fokus terhadap nilai tanda, tanda-tanda tersebut bisa berupa brand maupun citra sosial. Brand dan citra social sangat melekat dengan kehidupan remaja dewasa ini tekhusus mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik konsumtif mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan informan menggunakan Purposive Sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Hubberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa keputusan berbelanja mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda masih cenderung lebih konsumtif, keputusan-keputusan tersebut dilakukan dengan berbagai tujuan. Nilai-nilai tanda pun ditunjukan dalam keputusan berbelanja mahasiswa, dimana hasil dari keputusan tersebut menciptakan suatu kesan yang beragam seperti kepuasan diri, citra sosial dan pengakuan atas kelas sosial. Oleh karena itu, praktik konsumtif mahasiswa, merupakan suatu praktik berbelanja yang fokus pada nilai tanda.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPraktik, Konsumtif, Mahasiswaen_US
dc.titlePraktik Konsumtif Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record