View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Metode Kisah Terhadap Karakter Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda

Thumbnail
View/Open
Mirnawati Syah Dewi.docx (15.04Kb)
Date
2022-09-19
Author
Dewi, Mirnawati Syah
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Mirnawati Syah Dewi, 2022. “Pengaruh Metode Kisah Terhadap Karakter Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Dibawah bimbingan Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas, dimana terdapat beberapa siswa yang masih kurang berpartisipasi/antusias dalam belajar. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya antusias siswa dalam belajar adalah penggunaan metode yang kurang tepat yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Metode yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda dalam menyampaikan materi pelajaran salah satunya yaitu metode kisah. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode kisah terhadap karakter religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan selama dilapangan berupa observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda berjumlah 457 siswa , dengan penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode kisah terhadap karakter religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda yang diperoleh sebesar 0,455. Berdasarkan tabel interprestasi menunjukkan angka tersebut berada pada tingkat yang sedang. Dapat dilihat nilai thitung sebesar 2,399 > 1,717 ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha penelitian ini diterima.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2115
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [872]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV