Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Mirnawati Syah
dc.date.accessioned2022-11-30T01:02:28Z
dc.date.available2022-11-30T01:02:28Z
dc.date.issued2022-09-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2115
dc.description.abstractABSTRAK Mirnawati Syah Dewi, 2022. “Pengaruh Metode Kisah Terhadap Karakter Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Dibawah bimbingan Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas, dimana terdapat beberapa siswa yang masih kurang berpartisipasi/antusias dalam belajar. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi kurangnya antusias siswa dalam belajar adalah penggunaan metode yang kurang tepat yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Metode yang diterapkan guru di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda dalam menyampaikan materi pelajaran salah satunya yaitu metode kisah. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode kisah terhadap karakter religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan selama dilapangan berupa observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda berjumlah 457 siswa , dengan penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode kisah terhadap karakter religius siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar Islamic Center Samarinda yang diperoleh sebesar 0,455. Berdasarkan tabel interprestasi menunjukkan angka tersebut berada pada tingkat yang sedang. Dapat dilihat nilai thitung sebesar 2,399 > 1,717 ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha penelitian ini diterima.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMetode Kisah, Karakter Religius, Siswaen_US
dc.titlePengaruh Metode Kisah Terhadap Karakter Religius Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Islamic Center Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record