View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 01 Kecamatan Sanga Sanga

Thumbnail
View/Open
Muhammad Ryza Tamami.docx (15.70Kb)
Date
2022-10-18
Author
Tamami, Muhammad Ryza
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Muhammad Ryza Tamami. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 01 Kecamatan Sanga Sanga”. 2022 skripsi, program studi Pendidikan agama islam (PAI) , Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh bapak Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan bapak Dr. Akhmad Muadin, M.Pd sebagai pembimbing II . Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran Pendidikan agama islam di SMKN 01 Kecamatan Sanga Sanga dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah model pembelajaran yang menggabungkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata. Menurut peneliti ini sangat menarik untuk di teliti untuk kemudian mengetahui bagaimana implementasi atau proses dari pembelajaran nya terkhusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini penelitian kualitatif di perlukan untuk memproleh pemahaman tentang bagaimana proses pembelajaran itu sendiri seperti, mengetahui prestasi siswa dalam pembelajaran PAI setelah menggunakan model tersebut, mengetahui bentuk perencanaan, Langkah Langkah dalam pengimplementasian nya, bahan yang di perlukan dan bagimana evaluasi dari pembelajaran nya. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah adalah Teknik dari Milles dan Humberman yang mana data akan di olah dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tiga pendekatan trianggulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teianggulasi Teknik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan bahwa Bentuk dalam pengimplementasian model CTL di SMKN 01 Sanga-Sanga adalah yang pertama modelling yaitu guru menyajikan motivasi belajar, kompetensi dan tujuan pembelajaran, questioning di sini guru memberikan pertanyaan atau memberikan kesempatan siswa untuk bertanya terkait materi yang di pelajari, masyarakat belajar atau learning community di sini guru membimbing siswa untuk belajar kelompok, tahap selanjutnya adalah inquiri pada tahap ini murid mengidentifikasi, analisis dan berpikir secara kritis, selanjujtnya adalah constriktivism pada tahap ini siswa di bimbing untuk bisa menghubungkan antara materi pembelajaran dengan situasi atau pengalaman nyata siswa. Tahap selanjutnya adalah reflection pada tahap ini guru Bersama siswa menyimpulkan hasil belajar mereka dengan ringkas dan padat. Tahap terakhir yaitu authentic assessment yaitu penilaian kepada siswa secara objektiv dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2251
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [872]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV