Show simple item record

dc.contributor.authorTamami, Muhammad Ryza
dc.date.accessioned2022-12-19T02:36:11Z
dc.date.available2022-12-19T02:36:11Z
dc.date.issued2022-10-18
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2251
dc.description.abstractABSTRAK Muhammad Ryza Tamami. “Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 01 Kecamatan Sanga Sanga”. 2022 skripsi, program studi Pendidikan agama islam (PAI) , Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Negri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh bapak Drs. Darwis, M.SI sebagai pembimbing I dan bapak Dr. Akhmad Muadin, M.Pd sebagai pembimbing II . Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran Pendidikan agama islam di SMKN 01 Kecamatan Sanga Sanga dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning adalah model pembelajaran yang menggabungkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata. Menurut peneliti ini sangat menarik untuk di teliti untuk kemudian mengetahui bagaimana implementasi atau proses dari pembelajaran nya terkhusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini penelitian kualitatif di perlukan untuk memproleh pemahaman tentang bagaimana proses pembelajaran itu sendiri seperti, mengetahui prestasi siswa dalam pembelajaran PAI setelah menggunakan model tersebut, mengetahui bentuk perencanaan, Langkah Langkah dalam pengimplementasian nya, bahan yang di perlukan dan bagimana evaluasi dari pembelajaran nya. Teknik analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah adalah Teknik dari Milles dan Humberman yang mana data akan di olah dengan tiga tahap yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tiga pendekatan trianggulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teianggulasi Teknik, trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan bahwa Bentuk dalam pengimplementasian model CTL di SMKN 01 Sanga-Sanga adalah yang pertama modelling yaitu guru menyajikan motivasi belajar, kompetensi dan tujuan pembelajaran, questioning di sini guru memberikan pertanyaan atau memberikan kesempatan siswa untuk bertanya terkait materi yang di pelajari, masyarakat belajar atau learning community di sini guru membimbing siswa untuk belajar kelompok, tahap selanjutnya adalah inquiri pada tahap ini murid mengidentifikasi, analisis dan berpikir secara kritis, selanjujtnya adalah constriktivism pada tahap ini siswa di bimbing untuk bisa menghubungkan antara materi pembelajaran dengan situasi atau pengalaman nyata siswa. Tahap selanjutnya adalah reflection pada tahap ini guru Bersama siswa menyimpulkan hasil belajar mereka dengan ringkas dan padat. Tahap terakhir yaitu authentic assessment yaitu penilaian kepada siswa secara objektiv dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajaren_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMKN 01 Kecamatan Sanga Sangaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record