Show simple item record

dc.contributor.authorUyuni, Nikmatul
dc.date.accessioned2022-12-19T02:49:28Z
dc.date.available2022-12-19T02:49:28Z
dc.date.issued2022-10-12
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2252
dc.description.abstractABSTRAK Nikmatul Uyuni, 2022. “Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Membuka Rekening Bank Umum Syariah Secara Online di Kota Samarinda.” Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati, S.E., M.S.I dan Anwaril Hamidy, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi infomasi yang berkembang pesat sehingga menjadi kebutuhan mendesak bagi sebagian orang yang ingin menyelesaikan permasalahannya dengan cepat dan membuat segalanya menjadi praktis. Sehingga dengan adanya fitur baru yang disediakan bank syariah yaitu pembukaan rekening secara online melalui Mobile Banking dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan bertransaksi tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi yang meliputi persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi risiko terhadap minat membuka rekening secara online pada Bank Umum Syariah. Desain penelitian ini ialah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi yang digunakan yaitu masyarakat yang pernah melakukan pembukaan rekening secara online pada Bank Umum Syariah di kota Samarinda. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden menggunakan google form. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah secara parsial persepsi kemudahan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap minat membuka rekening secara online di kota Samarinda, sedangkan persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap minat membuka rekening secara online. Kemudian secara simultan persepsi kemudahan, persepsi manfaat dan persepsi risiko secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat membuka rekening secara online pada Bank Umum Syariah di kota Samarinda. Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Minat.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPersepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Persepsi Risiko, Minat.en_US
dc.titlePengaruh Persepsi Terhadap Minat Membuka Rekening Bank Umum Syariah Secara Online di Kota Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record