Show simple item record

dc.contributor.authorUlfiah, Winda
dc.date.accessioned2023-01-06T01:40:13Z
dc.date.available2023-01-06T01:40:13Z
dc.date.issued2022-10-24
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2333
dc.description.abstractABSTRAK Winda Ulfiah, 2022. “Analisis Strategi Pemasaran yang Efektif dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan (Studi Kasus Pada Bankaltimtara Syariah KC Samarinda” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Muhammad Iswadi, M.SI dan Ibu Fitria Rahmah, S.E.I.,M.A. Perkembangan bank syariah di Indonesia tidak bisa lepas dari sejarah terbentuknya Islamic Development Bank (IDB) yang didirikan oleh OKI sebagai Organisasi Konfrensi Islam pada tahun 1975 yang memberikan perkembangan berkaitan dengan perbankan dan keuangan Islam. Salah satu produk perbankan syariah yang diminati oleh nasabah maupun calon nasabah adalah produk penghimpunan dana yaitu tabungan, penghimpun dana dalam bentuk tabungan menjadi salah satu yang diminati masyarakat karena adanya sistem bagi hasil. Salah satu bank syariah yang ada di Kalimantan Timur adalah Bankaltimtara Syariah. Bankaltimtara Syariah merupakan Bank milik pemerintah Daerah yang melandaskan operasioanlnya menurut prinsip syariah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala Bankaltimtara syariah samarinda dalam memasarkan produk tabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data,yang di dapatkan melalui 5 narasumber kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang ditetapkan oleh Bankaltimtara Syariah Samarinda menerapkan empat unsur strategi pemasaran yang terdiri dari produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan tempat (place), sangat membantu dalam menentukan sasaran pasar agar dapat menjangkau nasabah ideal dari berbagai golongan masyarakat. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan pada Bankaltimtara Syariah Samarinda yaitu adanya persaingan product, kurangnya promosi yang mengakibatkan minimnya pengetahuan nasabah tentang tabungan. Kata Kunci : Strategi, Jumlah Nasabah, Produk Tabungan, Bankaltimtara Syariahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Jumlah Nasabah, Produk Tabungan, Bankaltimtara Syariahen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran yang Efektif dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Tabungan (Studi Kasus Pada Bankaltimtara Syariah KC Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record