Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Produk iB Hijrah Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Berau.
Abstract
ABSTRAK
Fathur Rohmah, 2022. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Produk iB Hijrah Di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Berau. Skripsi (PS) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Akhmad Nur Zaroni, M. Ag dan Bapak Muhammad Hasbi, S.HI.,M.E.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bisnis perbankan yang berkembang di Kabupaten Berau, tentunya Bank Muamalat Indonesia KCP Berau sebagai Bank Umum Syariah satu – satunya yang ada di Kabupaten Berau harus menerapkan strategi yang tepat untuk menarik lebih banyak nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiuistas, kualitas produk dan karakteristik nasabah secara parsial dan simultan terhadap keputusan nasabah menggunakan Produk iB Hijrah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data penelitian ini adalah data primer didapat dari hasil kuisioner dan data sekunder didapat dari website resmi Bank Muamalat Indonesia. Nasabah Tabungan iB Hijrah Bank Muamalat Indonesia KCP Berau merupakan populasi pada penelitian ini, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Simple Random Sampling diperoleh ukuran sampel sebanyak 100. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS 21 dengan melakukan uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji analisis linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa faktor religiusitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai sig sebesar 0,449. Faktor kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai sig sebesar 0,001. Pada faktor karakteristik nasabah berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai sig sebesar 0,000. Secara simultan religiusitas, kualitas produk, dan karakteristik nasabah secara bersama-sama, berpengaruh,secara signifikan terhadap keputusan nasabah.
Kata Kunci: Religiusitas, Kualitas Produk, Karakteristik Nasabah, Keputusan Nasabah