Show simple item record

dc.contributor.authorWahidah, Nur
dc.date.accessioned2023-02-02T03:39:14Z
dc.date.available2023-02-02T03:39:14Z
dc.date.issued2022-10-19
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2431
dc.description.abstractABSTRAK Nur Wahidah, 2022. Pengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Tabungan Terhadap keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Samarinda Bung Tomo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Sultan Aji Muhamad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan Ibu Nurul Fadhilah, S.ST., ME. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya Bank Syariah Indonesia yang merupakan jasa perbankan yang bergerak dalam melayani berdasarkan prinsip syariah dengan menyediakan berbagai produk yang juga berprinsip syariah. Sesuai dengan survei literasi keuangan yang dilakukan oleh OJK menunjukkan indeks literasi keuangan syariah di Kalimantan Timur sebesar 1,84%, hal ini menunjukkan literasi keuangan syariah sangatlah rendah. Dalam penggunaannya masyarakat juga belum paham betul apa itu perbankan syariah sehingga beranggapan bahwa bank syariah itu hanyalah tanpa bunga atau riba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mngetahui pengaruh motivasi menghindari riba dan pengetahuan produk terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Samarinda Bung Tomo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo dengan jumlah 10.353 nasabah. Penelitian ini menggunakan data primer dengan sampel sebesar 100 responden dari nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2) dengan bantuan Software SPSS 25. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel motivasi menghindari riba (X1) secara parsial berpengaruh secara signifikan dengan nilai thitung sebesar 7,275 > ttabel sebesar 1,984 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 05 terhadap variabel keputusan menjadi nasabah (Y). Variabel kedua pengetahuan produk (X2) juga berpengaruh secara signifikan dengan nilai thitung sebesar 6,423 > ttabel sebesar 1,984 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 terhadap variable keputusan menjadi nasabah (Y). Selain itu, secara simultan kedua variable independen yaitu motivasi menghindari riba (X1) dan pengetahuan Produk (X2) di peroleh nilai Fhitung 184,214 > Ftabel 3,09, dapat dikatakan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen keputusan menjadi nasabah (Y). Berdasarkan data hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai R Square sebesar 0,787 atau 78,7% sedangkan sisanya yaitu sebesar 21,3% dipengaruhi oleh fakto-faktor yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi menghindari riba, pengetahuan produk perbankan syariah, keputusan menjadi nasabahen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMotivasi menghindari riba, pengetahuan produk perbankan syariah, keputusan menjadi nasabahen_US
dc.titlePengaruh Motivasi Menghindari Riba dan Pengetahuan Produk Tabungan Terhadap keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Samarinda Bung Tomo.en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record