Pengaruh Digitalisasi Perbankan Syariah Terhadap Penggunaan E-Commerce (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Izmail, 2022. “Pengaruh Digitalisasi Perbankan Syariah Terhadap Penggunaan E-Commerce (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Bapak Dr. Mursyid, S.Ag., MSI dan Bapak H. Yusran, M.Ag.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era teknologi yang semakin berkembang menciptakan masyarakat semakin bergantung pada penggunaaan teknologi, termasuk perbankan syariah ke arah yang lebih efisien dan modern. Inovasi teknologi yang efektif dan efisisen dalam perbankan syariah yakni digitalisasi perbankan syariah dan e-commerce merupakan salah satu bentuk kemajuan teknologi dalam bisnis ini menggunakan mekanisme tradisional dan digital. Ecommerce mengalami perkembangan yang pesat di indonesia karena beberapa faktor penetrasi smarthpone dan internet, konsumen hanya butuh beberapa waktu saja berhadap dengan handphone atau komputer dan kemudian melakukan pembayaran seperti transfer melalui m-banking, SMS banking dan internet banking. Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh m-banking, sms banking dan internet banking terhadap mahasiswa UINSI Samarinda dalam menggunakan e-commerce.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif UINSI dengan sampel 168 mahasiswa dengan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan teknik sampling yang diawali dengan melakukan uji validitas, uji reliabiltas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji linearitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji R2 (koefisien determinasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial m-banking, sms banking dan internet banking berpengaruh terhadap mahasiswa dalam menggunakan ecommerce dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel 8.130 > 1.974, 10.045 > 1.974 dan 10.500 > 1.974 (secara berturut-turut). Adapun secara simultan m-banking, sms banking dan internet banking berpengaruh signifikan terhadap mahasiswa dalam menggunakan e-commerce dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (43.846 > 2.66).
Kata kunci : M-Banking, Sms Banking, Internet Banking, E-Commerce