Profesionalisme kepala sekolah dalam memotivasi kinerja guru
Abstract
Kinerja guru akan berhasil jika kepala sekolah
memperhatikan hasil yang dicapai serta memperlakukan guru
dengan baik, sehingga mereka mampu menunjukan
performace yang lebih baik. Kinerja guru merupakan aktivitas
yang dilakukan guru sesuai dengan profesi yang diembannya,
untuk dapat melakukan tindakan yang sesuai dengan profesi
yang diembannya sangat terkait dengan ada tidaknya kepuasan
dalam bekerja. Kepala Sekolah mempunyai pengaruh yang
sangat besar dalam menentukan arah jalannya pocily yang ada
di sekolah dalam rangka pencapaian mutu pendidikan yang
maksimal. Sebagai seorang top manager (kepala sekolah) tidak
seharunya mencari kesalahan atau kekurangan yang ada di
sekolah dalam menjalankan fungsi pengawasan. Kepala
sekolah diharapkan mampu memberi pengaruh yang baik
dalam menetapkan fungsi planning, organizing, actuating maupun controlling demi pencapaian mutu pendidikan yang
maksimal. Pemimpin pada hakikatnya adalah seorang yang
mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang
lain di dalam kerjanya dengan menggunakan kekuasaan.
Dalam kegiatannya bahwa pemimpin memiliki kekuasaan
untuk mengerahkan dan mempengaruhi bawahannya
sehubungan dengan tugas-tugas yang harus dilaksanakan