Pendidikan Inklusi Pada Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Di Taman Kota Samarinda
Abstract
Jumarni, Pendidikan Inklusi Pada Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina I di Kota Samarinda. Tesis, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Akhmad Bukari, M.Ag. dam Dr. Hj. Ity Rukiyah, M. Si. Latar belakang penelitian ini adalah keadaan anak berkebutuhan khusus masih memprihatinkan, karena banyak orang tua belum menyadari pentingnya pendidikan bagi anak mereka yang berkebutuhan khusus dan orang tua merasa malu untuk menyekolahkan anak-anak mereka yang berkebutuhan khsusus. Fenomena yang tampak bahwa masih sedikit taman kanak-kanak (TK) yang mau menerima anak berkebutuhan khusus dengan alasan ketidaksiapan dari segi sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) yang sedikit. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan pendidikan inklusi di TK Negeri Pembina I, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan inklusi yang ada di taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina I Kota Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data.