Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah (Studi kasus Bank Syariah KCP Samarinda Bung Tomo)
Abstract
ABSTRAK
Mariatul Qibthiyah, 1831011101, Pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Perbankan Syariah (Studi kasus Bank Syariah KCP Samarinda Bung Tomo). Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Hj. Darmawati, M.Hum sebagai pembimbing I dan Bapak H. Yusran, M.Ag sebagai pembimbing II
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Personal selling yang merupakan salah satu variabel dari promotion mix yang tepat untuk meningkatkan brand awareness, yaitu dengan tenaga penjual memberikan informasi tentang produk ke pelanggan juga sangat membantu dalam mempromosikan produk atau jasa bagaimana personal selling menjadi sumber dari brand awareness dan brand image karena ketika pembeli dan penjual berinteraksi secara tatap muka, maka pelanggan mendapatkan informasi singkat tentang produk yang membuat hubungan positif dan dapat dipercaya dengan klien. Hubungan yang signifikan juga terjadi antara personal selling dengan loyalitas mereka. Dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Personal Selling terhadap keputusan penggunaan jasa Perbankan Syariah pada Nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah BSI KCP Samarinda Bung Tomo. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan teknik penentuan sampel menggunakan rumus slovin. Data diperoleh dengan menyebar kuesioner secara online kepada responden yang memenuhikualifikasi yang telah ditetapkan. Data kemudian diolah dengan alat bantu Software statistik yaitu SPSS versi 24. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t (parsial), dan koefisien determinasi.
Sesuai dengan uji t (parsial) menunjukan nilai signifikasi perngaruh promosi terhadap kepuasan nasabah adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4.906 > nilai t tabel 1.984 yang berarti bahwa variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah, Berdasarkan uji t pengaruh promosi terhadap keputusan penggunaan jasa perbankan syariah memiliki nilai 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 3.879 > nilai t tabel 1.984 Artinya terdapat pengaruh Personal Selling terhadap Keputusan penggunaan jasa perbankan syariah, berdasarkan hasil Koefisien Analisis Jalur dapat diketahui bahwa Promosi dan Personal Selling memiliki nilai signifikan X = 0,000 dan Z = 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil ini memberikan kesimpulan bahwa Koefisien determinasi Yakni Personal Selling memberikan pengaruh signifikan terhadap Keputusan.
Kata kunci : Keputusan, Personal Selling