Show simple item record

dc.contributor.authorIslamiati, Endah Dwi
dc.date.accessioned2023-04-05T02:00:33Z
dc.date.available2023-04-05T02:00:33Z
dc.date.issued2022-10-13
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2592
dc.description.abstractABSTRAK Endah Dwi Islamiati, 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada Produk Cicil Emas (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Samarinda Bhayangkara)” Skripsi, Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Alfitri, M.Ag., LL.M. Ph.D dan Ahmad Syarif,S.E.I., M.Sc. Latar belakang penelitian ini ialah di Indonesia perkembangan perbankan syariah semakin meningkat, hal ini menyebabkan persaingan pasar yang sangat tajam. Terjadinya persaingan antar bank menumbuhkan keharusan Bank Syariah Indonesia untuk berinovasi produk, seperti pembiayaan murabahah dengan produk cicil emas. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas, Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk cicil emas dan pandangan Ekonomi Islam tentang strategi pemasaran pembiayaan murabahah pada produk cicil emas di PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Samarinda Bhayangkara. Metode Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, penelitian ini merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta atau fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini adalah karyawan dan nasabah cicil emas PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Samarinda Bhayangkara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Samarinda Bhayangkara berjalan dengan baik dengan menerapkan metode pemasaran marketing mix (bauran pemasaran) 4P yaitu product, price, place dan promotion sebagai alat dalam pemasaran produk pembiayaan cicil emas. Dalam perspektif ekonomi Islam strategi pemasarannya yang dilakukan BSI KC Samarinda Bhayangkara sudah sesuai dengan prinsip syariah. Untuk pengembangan marketing mix (bauran pemasaran) 4P yaitu product, price, place dan promotion dalam pelaksanaannya juga tidak melanggar prinsip syariah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, Produk Cicil Emas.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi Pemasaran, Pembiayaan Murabahah, Produk Cicil Emas.en_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada Produk Cicil Emas (Studi Kasus Pada PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk Kantor Cabang Samarinda Bhayangkara)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record