View Item 
  •   Repository Home
  • Laporan Penelitian
  • Laporan Penelitian
  • View Item
  •   Repository Home
  • Laporan Penelitian
  • Laporan Penelitian
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Bisnis Kuliner Rumahan Pada Komunitas Baking Lovers Community (BLC) Kota Samarinda

Thumbnail
View/Open
Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui.pdf (2.987Mb)
Date
2021-08-01
Author
Norvadewi, Norvadewi
Zaroni, Akhmad N.
Metadata
Show full item record
Abstract
Saat ini pemberdayaan perempuan dipandang sebagai komponen penting dalam pembangunan dan pengurangan kemiskinan. Pemberdayaan perempuan menjadikan perempuan mandiri dan percaya diri. Mereka akan memiliki kemampuan untuk mengubah pilihan mereka menjadi tindakan yang diinginkan, yang akan mengarah pada munculnya pemberdayaan ekonomi, politik, sosial, dan psikologis. Salah satu cara dalam pemberdayaan perempuan adalah melalui komunitas atau kelompok (self-help groups). Pemberdayaan perempuan melalui komunitas ini ada pada Baking Lovers Community (BLC) Samarinda, sebuah komunitas perempuan yang memiliki kesamaan hobi yaitu bidang kuliner dengan usaha rumahan yang mereka jalankan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada komunitas usaha kuliner rumahan yang tergabung dalam Baking Lovers Community Kota Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pemberdayaan ekonomi pada komunitas BLC, bagaimana dampak pemberdayaan itu terhadap perkembangan bisnis kuliner di kota Samarinda dan kendala apa yang mereka hadapi dalam pemberdayaan perempuan di komunitas tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Focus Grup Disscusion (FGD), wawancara dengan pengurus dan anggota BLC serta dokumentasi. Untuk menguji validitas data menggunakan triangulasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan program pemberdayaan ekonomi BLC berupa berbagai pelatihan dalam rangka meningkatkan keterampilan kuliner anggota, seperti latihan bareng membuat kue, mendatangkan chef, pelatihan fotografi untuk mendukung promosi produk, promosi produk di media social Fb dan Instagram, berbagi resep kuliner, kegiatan social dan bazar amal, memfasilitasi anggota untuk mengurus ijin usaha dan serifikasi halal produk. Potensi usaha yang dikembangkan adalah pembuatan berbagai jenis kue dan makanan baik modern maupun tradisional untuk berbagai acara, catering dan prasmanan untuk berbagai acara di rumah maupun di kantor. Dampak program pemberdayaan BLC bagi anggotanya; sebagai sumber pendapatan, pengembangan hobi, sharing ilmu, keberlangsungan usaha, inovasi produk, inovasi kemasan dan brand, dan pengembangan digital marketing. Dengan demikian pemberdayaan ini menjadikan mereka sebagai subyek/pelaku, terlibat aktif dalam pembangunan, berdaya mengelola usaha secara mandiri, dan organisasi yang mewadahi mereka berperan dalam pemberdayaan. Adapun kendala yang dihadapi adalah kemampuan SDM yang tidak merata, permodalan untuk mengembangkan usaha, perizinan usaha, dan sertifikasi halal. Kata Kunci: Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Bisnis Kuliner Rumahan, Komunitas, Baking Lovers Community.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/2648
Collections
  • Laporan Penelitian [47]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV