MENGENAL DAN MEMBUMIKAN SEKOLAH TERBUKA (OPEN SCHOOL)
Abstract
Pendidikan dengan konsep open school ini selalu berorientasikan kepada anak didik dan berusaha menyeimbangkan antara kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tidak seperti halnya pola pendidikan konvensional kita sekarang ini, di mana hanya unsur kognitif saja yang paling dipentingkan. Mereka menganggap anak itu sukses dalam belajar jika sudah berprestasi tinggi dalam pelajaran, selalu berperingkat satu, bisa memenangi banyak kejuaraan. Padahal dari segi afeksi dan psikomotornya mereka menjadi sangat lemah. Akibatnya, generasi seperti ini akan menjadi generasi yang penuh dengan tekanan hidup akibat berbagai tuntutan kehidupan mereka. Beda jika prestasi kognitif yang tinggi itu selalu diimbangi dengan aspek afeksi dan psikomotorik yang terarahkan dengan baik, maka tentu akan lebih dahsyat lagi kehidupannya.