Faktor-faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UINSI Samarinda).
Abstract
ABSTRAK
Jekky, 2022. ”Faktor-faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UINSI Samarinda). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M. Hum, dan Nurul Fadhilah, S.S.T., ME.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pertumbuhan bank syariah di Indonesia guna memberikan cara untuk menyimpan dan penyaluran dana tanpa adanya unsur riba atau bunga pada bank syariah. Peneliti ini memilih penelitian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, karena mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam telah mempelajari ekonomi dan perbankan syariah, apakah setelah mempelajari ekonomi dan perbankan syariah menjadikan mahasiswa berminat menjadi nasabah bank syariah dan apakah variabel promosi, bagi hasil, pelayanan, produk, lokasi dan pengetahuan yang membuat mahasiswa tertarik untuk menjadi nasabah bank syariah. Tujuan dari penelitian ini agar dapat mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi minat mahasiswa menjadi nasabah di bank syariah.
Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dimana data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan data primer, dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan menggunakan sampel sebanyak 93 responden dari populasi sebanyak 1316 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.
Hasil penelitiaan ini secara parsial menunjukan bahwa promosi berpengaruh secara signifikan dengan nilai 0,000 terhadap minat mahasiswa, bagi hasil berpengaruh secara signifikan dengan nilai 0,000 terhadap minat mahasiswa, pelayanan berpengaruh signifikan dengan nilai 0,000 terhadap minat mahasiswa, produk berpengaruh secara signifikan dengan nilai 0,000 terhadap minat mahasiswa, lokasi berpengaruh secara signifikan dengan nilai 0,000 terhadap minat mahasiswa dan pengetahuan berpengaruh secara signifikan dengan hasil nilai 0,000 terhadap minat mahasiswa. Hasil penelitian uji F berpengaruh secara bersamaan promosi, bagi hasil, pelayanan, produk, lokasi dan pengetahuan secara simultan berpengaruh signifikan pada nilai 0,000 < 0,05 terhadap minat mahasiswa menjadi nasabah bank syariah.
Kata kunci: Promosi, Bagi hasil, Pelayanan, Produk, Lokasi, Pengetahuan dan Minat Mahasiswa